Lima Blog Sepak Bola Pilihan 2015

Penulisan sepak bola semakin berkembang pada tahun 2015 ini. Banyak bermunculan media daring yang menyajikan sepak bola sebagai sajian utamanya.

Menariknya, tidak hanya media besar dengan dana melimpah yang eksis, namun juga blog sepak bola berbasis komunitas atau perorangan. Semangat dan kecintaan pada sepak bola menjadi bahan bakar untuk mengelola blog. Meski dengan sumber daya dan dana terbatas, blog ini mampu menyuguhkan isi yang berkualitas.

Pada penghujung 2015 ini, kami memilih lima blog sepak bola yang menurut kami punya kualitas baik. Punya isi yang layak untuk dibaca oleh penggemar sepak bola.

1. Stadion Siliwangi

Blog dengan tagline Persib Bandung Pundit ini memang secara khusus membahas sepak terjang Maung Bandung. Mulai dari analisis pertandingan hingga sejarah.

Diawaki oleh enam orang, satu hal utama yang menjadi keunggulan blog ini adalah ketekunannya untuk melakukan pencatatan. Bagaimana bisa mereka menerbitkan artikel mengenai performa kiper Persib selama di bawah era manajer Umuh Muchtar? Tentunya dengan rajin mengumpulkan data secara mandiri. Dan tak banyak orang yang punya energi berlebih untuk melakukannya.

Pada usianya yang mencapai tiga tahun ini, stadionsiliwangi.com ini akan menerbitkan buku. Berjudul Laporan Pandangan Mata: Juara Piala Presiden 2015, buku ini akan terbit pada awal tahun 2016. Buku yang tampaknya tetap mempertahankan kekhasan gaya menulisnya, yaitu ditulis kental dengan bahasa Sunda.

2. Novan Media Research

Inilah sumber referensi utama untuk mencari data seputar sejarah sepak bola Indonesia. Membaca blog ini akan membantu kita menemukan ide tulisan baru atau jika sudah punya ide untuk menulis kisah sepak bola Indonesia, https://novanmediaresearch.wordpress.com/ adalah rujukan utama mencari data untuk kemudian dikembangkan lebih lanjut.

BACA JUGA:  Cinta dan Harapan Patifosi Untuk Persipa

Jika dibandingkan dengan sebelumnya, naskah baru yang terbit di blog ini mengalami penurunan. Tapi, menjadi maklum kemudian karena Novan Herfiyana sebagai pengelola tunggalnya, menyisihkan sebagian besar waktunya untuk menulis buku yang telah rilis berjudul Persib dan Kisah Kompetisi Perserikatan 1978.

Jadi, kalau kamu ingin mengembangkan bakat menulis sepak bola, blog ini harus ditandai sebagai salah satu yang mesti dikhatamkan.

3. Akhir MH

Nama lengkapnya Akhir Matua Harahap. Bagi mahasiswa Universitas Indonesia (UI), terlebih yang menimba ilmu di Fakultas Ekonomi (FE), namanya mungkin tak asing lagi karena beliau memang salah satu pengajar di FE UI.

Di sela-sela kesibukannya, beliau mengelola akhirmh.blogdetik.com sebuah blog yang dimaksudkan untuk membahas mengenai ekonomi, industri, dan bisnis sepak bola. Selain itu tentunya juga mengenai sejarah sepak bola.

Meskipun pada tahun 2015 ini blognya hanya aktif pada bulan Maret, rasanya tetap perlu diapresiasi. Silakan langsung menuju laman ini untuk tahu mengapa blog ini patut diketahui oleh khalayak ramai dan dibaca.

4. Belakang Gawang

Apakah saya perlu bercerita panjang lebar mengapa Belakang Gawang saya masukkan ke dalam daftar ini? Jika Anda sudah terbiasa mengunjunginya tentu langsung mengangguk tanda setuju.

Inilah blog yang bisa dikatakan seluruh tulisan yang ada di dalamnya berkualitas. Salah satu tulisannya, Final Sepuluh Menit, juga masuk ke dalam lima naskah sepak bola pilihan Fandom 2015.

Jadi, langsung saja menuju belakanggawang.blogspot.co.id dan selami seluruh artikel yang ada di rumah ini.

5. Arsenal Kitchen

Kami tidak memasukkan Arsenal Kitchen karena foundernya adalah sahabat sekaligus salah satu penulis kami. Tapi, lebih dari itu, Arsenal Kitchen adalah contoh yang baik tentang kerja yang sungguh-sungguh dan terus berproses.

BACA JUGA:  Sepak Bola dan Kehidupan Lain yang Lebih Penting

Mulai dari akun Twitter, kemudian mengelola blog beralamat di arsenalkitchen.wordpress.com, hingga punya hosting pribadi di arsenalkitchen.com.

Yamadipati Seno mengelola blog ini tanpa mengenal lelah. Dia rajin menulis artikel mulai dari preview, review, dan lainnya. Twitternya juga sangat sering berkicau memenuhi linimasa untuk mengabarkan tentang Arsenal atau memantik diskusi hangat seputar The Gunners. Di samping itu, sebagai pribadi, Seno juga terus mengembangkan pengetahuan sepak bolanya.

Jika kamu ingin mengembangkan blog sepak bola atau apa pun, Arsenal Kitchen bisa menjadi salah satu contoh yang bagus. Juga jadi tempat belajar untuk mengelola sebuah situsweb.

 

Komentar
Akrab dengan dunia penulisan, penelitian, serta kajian populer. Pribadi yang tertarik untuk belajar berbagai hal baru ini juga menikmati segala seluk beluk sepak bola baik di tingkat lokal maupun internasional.