Laporan Operasional Sepak Bola 2.0

Sepak Bola 2.0 seperti yang kita semua tahu sudah terbit dan didistribusikan melalui Fandom. Tapi, alangkah kurang elok jika tidak ada laporan operasional dari proyek ini mengingat pendanaannya dibantu oleh publik melalui crowdfunding yang kami laksanakan akhir tahun 2015 hingga awal 2016.

Selama periode gali dana, kami menerima 9,775,000 rupiah dari total ada 67 penyumbang yang dengan kebaikan hatinya menyisihkan rezekinya untuk membantu pelaksanaan proyek ini.

Secara kasat mata uang itu tidak mencukupi untuk produksi. Apalagi itu juga tak memenuhi target awal 10 juta rupiah. Tapi, kami tetap melanjutkan dengan segala resikonya.

Setelah menghitung untuk segala biaya mulai dari proses pra penerbitan buku, percetakan, produksi kaos, plakat, dan segala macamnya, termasuk perbaikan buku, diperoleh hasil bahwa pengeluaran keseluruhannya adalah 17,989,100 rupiah.

Ada selisih 8,214,100 dari dana yang diterima. Fandom menanggung seluruh kekurangan pendanaan tersebut yang mana kekurangan tersebut ditutup dengan penjualan buku Sepak Bola 2.0.

Terima kasih untuk segenap penyumbang, penulis, pembeli buku, tim kreatif, dan seluruh pihak yang terlibat dalam proses penerbitan buku Sepak Bola 2.0. Mohon maaf jika masih banyak kekurangan dari kami karena pada dasarnya kami memang masih berproses untuk menjadi lebih baik.

 

Salam

Sirajudin Hasbi

About the author

Fandom

View all posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *