Apakah diperbolehkan pembaca mengirimkan naskah untuk dimuat di fandom.id?

Boleh. Silakan kirim artikel anda melalui surel fandom.indonesia@gmail.com. Jika ada foto pendukung silakan dilampirkan dan diberi keterangan foto serta sumber atau pemilik foto tersebut.

Apakah ada ketentuan khusus naskah yang bisa dimuat di fandom.id?

Ada, tapi tidak mengikat. Umumnya artikel yang dimuat oleh Fandom berbentuk fitur atau analisis dengan panjang 400-800 kata. Editor kami akan membaca naskah tersebut. Apabila idenya menarik dan penulisannya layak maka akan dimuat. Jika tidak, editor kami akan mengembalikan naskah tersebut untuk diperbaiki atau silakan jika ingin dikirimkan ke situsweb lainnya.

Apakah ada fee untuk setiap artikel yang dimuat?

Tidak ada. Hanya dalam edisi khusus, seperti Pekan Menulis, kami bisa menyediakan kontraprestasi.

Apa keuntungan menulis di fandom.id?

Setiap penulis yang naskahnya dimuat di fandom.id memiliki personal page khusus. Jadi nanti setiap penulis punya halaman khusus yang menampung tulisannya dari waktu ke waktu. Oleh karena itu, setiap penulis yang naskahnya dimuat diminta mengirimkan foto dan bio singkatnya agar bisa dibuat profilnya. Setiap artikel di Fandom setidaknya dibaca oleh dua ribu orang. Menulis di Fandom bisa meningkatkan kepercayaan diri dan bisa dibaca oleh redaktur dari berbagai media. Penulis Fandom kini telah tersebar di Kumparan, FootballTribe, dan berbagai media olahraga lainnya. Mari kita berkembang bersama-sama. 🙂

Apakah setiap naskah yang dimuat di fandom.id boleh diterbitkan di tempat lain?

Boleh. Namun, kami menghindari ada naskah yang sama terbit di media lain dalam waktu yang relatif bersamaan karena ini tidak bagus bagi kami maupun penulis. Selain itu, silakan cantumkan sumber atau link ke fandom.id karena dalam setiap naskah yang tayang di fandom.id juga merupakan kerja kreatif dari editor kami.