Ketika Masjid Semakin Mirip dengan Stadion

  • Sofyan Abdullah

    Kalau berharap stadion Petrokimia bergemuruh lagi seperti 13-15 tahun lalu mungkin masih butuh waktu, dan konsistensi tim asli Gresik. Kita tahu, setelah Petrokimia Putra juara di tahun 2002, tim asli Gresik prestasinya menurun terus. Tentu saja ini yang bikin masyarakat Gresik ogah datang ke stadion. Tapi kalau dibilang animo masyarakat Gresik hilang sama sekali terhadap sepakbola, salah juga. Buktinya, tiga pertandingan home awal Gresik United di ISL 2011-2012, kita susah menemukan seat kosong di tribun stadion. Seiring dengan menurunnya prestasi tim, euforianya pun linear.
    Jika dilihat secara demografi, masyarakat Gresik diisi oleh pendatang, pendatang yang tidak punya romantisme terhadap sepakbola Gresik di masa lalu, mereka yang glory hunter, sepakbola cuma buat hiburan, bukan kebanggaan.
    Jadi, tetap bangun optimisme stadion di Gresik bisa sesak lagi bak masjid di awal bulan Ramadhan selama prestasi tim menjanjikan.

    • Alief Maulana

      Yap. Saya sangat setuju mas. Tulisan ini sengaja saya arahkan ke arah itu. Membangun optimisme di dalam kemerosotan. Doakan saya, untuk ke depannya akan ada kelanjutan tulisan tentang Gresik United. Doakan saya. Semoga stadion di Gresik bisa seramai Masjid di Gresik di saay Sholat Idul Fitri.

      -Alief Maulana-

      • Sirajudin Hasbi

        Iya, prestasi jadi salah satu faktor utama kemerosotan. Tapi, menarik pula untuk melihat banyak tim yang relatif baru tapi suporternya besar seperti Bali United. Atau Persikama Magelang yang berlaga di Liga Nusantara tapi suporternya luar biasa. Namun, memang keduanya juga masih perlu membuktikan, euforia sesaat atau bisa langgeng.

        Satu lagi kasus yang menarik adalah Persiba Bantul. Dulu teramat ramai, salah satu alasan menurunnya animo penonton adalah Persiba yang memilih ke IPL ketika ada dualisme, menurunkan minat suporter lantaran kompetisinya kurang kompetitif.

        Ditunggu artikel selanjutnya mengenai Gresik United. Bisa juga menulis tentang awal mula Gresik United, mengapa merger, dan lain sebagainya.

        Salam

        • Alief Maulana

          Siap mas. Lagi mengumpulkan nyali utk menuliskan ttg Gresik United dan merger. Semoga dalam dekat2 ini.