Setelah membuka pendaftaran sekitar seminggu, kami akhirnya memilih peserta untuk mengikuti Fandomenulis. Jujur, tidak mudah bagi kami untuk menentukan siapa saja yang dipilih untuk mengikuti kelas menulis dari Fandom yang baru pertama kali ini digelar.

Ada lebih dari 60 pendaftar yang masuk. Padahal sejak awal kami sudah menentukan hanya akan menerima 10 orang saja yang nantinya dibagi ke dalam dua kelas. Oleh karenanya, sulit sekali bagi kami untuk memilih karena seluruh pendaftar punya alasan yang menarik untuk bisa ikut serta dalam Fandomenulis.

Karena tidak bisa menerima semua kami punya beberapa kriteria dalam menentukan pilihan. Pertama, yang terpilih adalah yang punya komitmen kuat untuk mengikuti Fandomenulis. Kami ingin semua yang terpilih punya komitmen untuk melakukan kontrak belajar seperti selalu datang dalam lima pertemuan, bersedia praktik menulis di Fandom, dan lain sebagainya.

Keaktifan di lembaga pers kampus, kelompok suporter klub lokal maupun klub luar negeri, serta mengikuti komunitas menjadi nilai lebih dari setiap pendaftar. Kami ingin teman-teman yang aktif dan punya passion sepak bola ini bisa mengembangkan bakatnya lalu bisa berbagi denga rekan-rekan sepermainannya. Sederhananya bisa bermanfaat bagi teman lain.

Komponen ketiga yang turut kami lihat adalah aktivitasnya di dunia digital. Kami melihatnya dari akun media sosial dan blog yang dimiliki oleh peserta. Aktif di media sosial dan blog, merupakan satu langkah penting untuk bisa melihat fenomena dunia digital saat ini dan memeroleh informasi sehingga bisa membantu dalam mengembangkan kemampuan menulis.

Kami membuat satu keputusan penting lagi selain memilih peserta, yaitu menambah jumlah peserta kelas. Jika sebelumnya masing-msing hanya lima orang maka kini kami memutuskan memilih masing-masing tujuh orang untuk mengikuti kelas dan kami sudah menghubungi melalui surat elektronik untuk menanyakan komitmen mereka bahwa mereka harus bisa datang pada seluruh sesi yang semuanya berjumlah lima sesi. Khusus untuk kelas pertama bahkan akhirnya ada delapan peserta.

Berikut ini peserta kelas Fandomenulis yang terpilih.

Kelas A

  1. Aldi Renato
  2. Dicky Maulana
  3. Restu Ardhi Ansyah
  4. Ignatius Aryono
  5. Rizky Aidi
  6. Budi Ferizqianto
  7. Petrus Seno
  8. Andi Agung KA

Kelas B

  1. Rizky Gama Prayoga
  2. Rizki Febrianto
  3. Awaludin Al Arif
  4. Arief Ahmad
  5. Ila Diasmi
  6. Yusuf Harfi
  7. Taufik

Terima kasih untuk teman-teman semua yang sudah tertarik dan Fandomenulis. Untuk yang terpilih semoga menggunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Untuk yang belum terpilih, jangan patah semangat, tetap belajar menulis dan ikuti kelas Fandomenulis berikutnya.