Merawat Sepakbola Lokal Dengan Literasi Sepakbola

Merawat Sepakbola Lokal Dengan Literasi Sepakbola
Merawat Sepakbola Lokal Dengan Literasi Sepakbola

Sepakbola Indonesia menyimpan begitu banyak cerita dan kisah yang belum semuanya dituliskan. Oleh karenanya, usaha untuk terus menulis sepakbola Indonesia perlu dilakukan.

Sebagai salah satu upaya untuk mengembangkan literasi sepakbola, Fandom Indonesia bekerjasama dengan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) akan menyelenggarakan program bertajuk “Pendampingan dan Pengembangan Literasi Untuk Suporter Sepakbola Melalui Jurnalisme Sepakbola”.

Melalui program ini, kami bermaksud untuk mengajak insan sepakbola Indonesia menuangkan gagasan dan menceritakan sepakbola lokal ke dalam tulisan agar bisa dinikmati oleh publik secara luas.

Acara workshop football writing ini akan dilaksanakan pada:

Waktu             : Rabu, 13 Maret 2019, pukul 13:30 – 21:00 WIB

Tempat           : Kantin Muda Mendunia, Kampus Terpadu UMY

Karena keterbatasan tempat dan memiliki tujuan membukukan hasil tulisan maka diperlukan kerja yang intensif. Oleh karenanya, kami membatasi peserta pelatihan hanya 15-20 orang saja.

Pelatihan ini terbuka untuk siapa saja yang lolos seleksi awal. Adapun seleksinya adalah bagi peserta yang berminat diharapkan mengirimkan draft artikel tentang sepakbola lokal (bisa tentang tim nasional, klub, tarkam, dll) sepanjang 2-4 halaman Ms Word spasi 1,5 dengan font Helvetica Neue/Times New Roman ukuran 12.

Naskah yang dikirimkan merupakan naskah baru yang belum pernah dipublikasikan dan berupa draft artikel yang masih bisa dikembangkan untuk menjadi naskah buku.

Selain itu, diharapkan peserta yang mengirimkan draft artikel melengkapi dengan data diri yang disertai dengan nomor telepon yang bisa dihubungi. Surel untuk mengirimkan draft artikel dan data diri ke email [email protected] mulai tanggal 1 Maret 2019 hingga 10 Maret 2019.

Panitia akan melakukan seleksi dan memberi kabar maksimal tanggal 12 Maret 2019 pukul 15:00 WIB. Keputusan panitia mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.

BACA JUGA:  Apa yang Terjadi dengan Stadion-Stadion Penyelenggara Piala Dunia 2014 Kini? 

Program ini sepenuhnya gratis. Seluruh biaya pelatihan, konsumsi, dan penerbitan buku ditanggung oleh Fandom Indonesia dengan dukungan dari UMY. Jika nantinya ada peserta dari luar Jogja, maka transportasi dan akomodasi ditanggung oleh peserta sendiri.

Dalam workshop penulisan, peserta akan memaparkan draft artikel dan memperoleh pendampingan untuk pengembangan artikelnya sehingga layak untuk diterbitkan dalam buku kumpulan tulisan mengenai sepakbola lokal.

Untuk hal lain yang belum disebutkan di dalam pengumuman ini, akan diatur kemudian. Untuk pertanyaan bisa melalui alamat surel Fandom.

Kami tunggu kontribusimu!

Komentar
Akrab dengan dunia penulisan, penelitian, serta kajian populer. Pribadi yang tertarik untuk belajar berbagai hal baru ini juga menikmati segala seluk beluk sepak bola baik di tingkat lokal maupun internasional.