Merayakan Sepakbola: Fans, Identitas, dan Media (Edisi 2)

Rp 75.000,00

Buku ini berangkat dari hasil-hasil riset tentang fans,identitas, dan media dalam relasinya dengan sepakbola. Sepakbola bukan sekadar permainan di atas lapangan hijau, namun juga merupakan kajian ilmiah yang bisa dirayakan oleh siapapun. Selamat merayakan sepakbola.

+++

Pemesanan bisa dilakukan DI SINI.

Share:

Description

Fans, identitas, dan media adalah tiga ranah yang berkelindan dengan sepakbola di Indonesia. Desentralisasi dan otonomi daerah pasca 1998 menggelorakan kebangkitan berbagai klub di berbagai kota yang awalnya belum dikenal secara luas oleh publik, mendampingi klub-klub lama yang telah mapan.

Identitas baru tercipta di kalangan fans sepakbola melalui interaksi yang terjadi di antara fans sepakbola maupun interaksi fans dengan media massa. Berbarengan dengan desentralisasi pasca Orde Baru, kebebasan media tumbuh pesat.

Bersaing merebut pasar, praktek jurnalisme tergelincir pada jurnalisme yang dikendalikan oleh pasar. Konflik suporter sepakbola dikemas dengan beragam framing, narasi, dan wacana.

Akurasi dalam jurnalisme rentan terabaikan. Teknologi digital yang terkoneksi denganjaringan internet menjadi pilihan baru anak muda fans sepakbola dalam konsumsi informasi tentang sepakbola, serempak menjadi media baru yang berkelindan dengan pembentukan identitas fans sepakbola di berbagai kota.