7 Pemain Penting Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Pemain Timnas Indonesia (goal.com)
Pemain Timnas Indonesia (goal.com)

Timnas Indonesia secara resmi telah mengumumkan 23 pemain yang akan di bawa di Piala AFF 2022. Di antara banyak nama tersebut, ada beberapa pemain yang kami prediksi bakal punya peran penting dalam turnamen antara negara ASEAN tersebut.  Lantas siapa sajakah mereka? 

1. Nadeo Argawinata

Kiper Bali United ini bisa dipastikan akan mengisi pos utama di bawah mistar Skuad Garuda di Piala AFF 2022. Pasalnya sejak menjalani debut pada 2021 silam, kiper berusia 25 tahun itu telah dimainkan Coach Shin Tae-yong di 15 laga timnas di berbagai kompetisi seperti: Piala AFF 2020, Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kualifikasi Piala Asia 2023 dan uji coba internasional. 

Total ia berhasil mencatatkan 4 clean sheet dan beberapa kali menggagalkan sepakan penalti lawan. Pengalaman, kemampuan reflek dan reading the game mumpuni yang Nadeo miliki, tentu masih dibutuhkan Timnas Indonesia di Piala AFF tahun ini. 

2. Fachrudin Aryanto

Pemain berusia 33 tahun ini bisa dibilang menjadi pemain paling senior dan berpengalaman di skuad timnas saat ini. Bek Madura United ini praktis tidak tergeser posisinya sebagai bek di timnas sejak 2012 silam, walaupun partnernya sering bergonta-ganti.

Bagi pemain kelahiran Klaten ini, Piala AFF 2022 adalah keikutsertaanya untuk kali keenam bersama Timnas Indonesia. Ketenangannya, kepemimpinannya, dan kelugasannya di sektor belakang, tentu masih sangat diandalkan Shin Tae-yong pada turnamen kali ini.

3. Rachmat Irianto

Mantan punggawa Persebaya ini, bisa dibilang menjadi pemain kesayangan sekaligus bagian penting dari sistem permainan Shin Tae-yong sejak debutnya pada 2021 silam. Rachmat Irianto di bawah tangan dingin pelatih asal Korea Selatan tersebut, menjelma menjadi sosok pemain yang serba guna, serba bisa, penuh determinasi dan punya visi yang bagus saat bermain.

BACA JUGA:  4 Kakak-Adik yang Tampil di Piala Dunia 2022 Qatar

Pemain berusia 23 tahun itu, juga acap kali bisa mencetak gol atau membuat asis krusial ketika Timnas Indonesia tengah buntu. Total dari 22 caps-nya ia sudah mencetak 3 gol dan 2 asis. 

4. Ricky Kambuaya

Pemain asal Sorong ini juga termasuk salah satu pemain yang diandalkan oleh Shin Tae-yong di sektor tengah. Kambuaya memiliki atribut komplit sebagai seorang gelandang. Umpan-umpannya akurat, skill-nya mumpuni, visinya bagus dan punya kreativitas dalam membangun serangan.

Sebagai seorang gelandang pemain Persib Bandung ini juga terbilang produktif dalam mencetak gol maupun asis. Total dari 19 caps-nya ia berhasil mencetak 5 gol dan 5 asis. Penampilan memukaunya di Piala AFF 2020, Kualifikasi Piala Asia, dan uji coba melawan Curacao tentu akan menjadi alasan sulit untuk tidak memasangnya di sektor tengah. 

5. Witan Sulaeman

Hal menarik yang ditunjukan Witan Sulaeman semenjak bersama Shin Tae-yong adalah peran barunya. Dulu mungkin pemain asal Palu tersebut dikenal sebagai winger lincah, akan tetapi sekarang ia berperan sebagai pemain nomor 10 di timnas yang bertugas membagi bola dan meng-create serangan

Pemain klub Slovakia, AS Trencin, itu pun berhasil menjalankan perannya dengan sangat baik. Bahkan, ia menjadi top skor dan top asis bagi Skuad Garuda di era Shin Tae-yong dengan torehan  6 gol dan 7 asis dalam 16 laga terakhirnya bersama Timnas Indonesia. 

BACA JUGA:  5 Pelajaran dari Timnas vs Thailand di AFF U-19

Selain kelima nama di atas, sosok Asnawi Mangkualam juga tidak boleh kita kesampingkan. Daya juang, eksploivitas dan umpan-umpan crossing terukurnya, akan menjadi senjata ampuh bagi Timnas Indonesia. Apalagi ia tengah tampil cukup bagus bersama Ansan Greener dan di level timnas pemain asal Makassar itu juga sudah mengemas satu gol dan empat asis dari 21 laga.

6. Aswani Mangkualam

Pemain asal Makassar ini juga menjadi sosok yang posisinya susah digantikan di sektor bek sayap kanan. Daya juang, eksplosivitas dan umpan-umpan crossing terukurnya, menjadi senjata ampuh yang dimiliki pemain berusia 23 tahun itu.

Sejak debut pertama di usia 19 tahun pada 2021 silam, pemain Ansan Greeners itu sudah bermain di 21 laga dan mengoleksi 1 gol dan 4 asis. Selain itu di Piala AFF 2020 silam , ia sempat didapuk sebagai kapten timnas karena punya kepemimpinan yang bagus.

7. Pratama Arhan

Diusinya yang masih 21 tahun, pemain asal Blora, Jawa Tengah itu sudah mengunci rapat posisinya di sektor bek kiri Timnas Indonesia era Shin Tae-yong. Meskipun berposisi sebagai pemain belakang, tapi insting menyerangnya sangat mumpuni.

Bahkan saat ini, pemain yang identik dengan lemparan dalam yang mematikan itu, menjadi top asis timnas bersama dengan Witan Sulaeman dengan torehan 6 asis dari 22 laga. Selain itu, saat situasi deadlock, Arhan juga bisa menjadi game changer lewat gol-gol ajaibnya.

Sumber : Transfermarkt.co.id

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara