Portugal Berpesta dan Goncalo Ramos Jadi Bintang Laga

Pemain Portugal, Goncalo Ramos (bola.bisnis.com)
Pemain Portugal, Goncalo Ramos (bola.bisnis.com)

Portugal berhasil berpesta gol saat bersua Swiss di babak 16 besar Piala Dunia 2022  Meskipun tidak ada Ronaldo di starting eleven, Seleccao das Quinnas justru tampil lebih cair dan atraktif di sektor penyerangan. 3 gol di babak pertama dan 3 gol di babak kedua dan hanya berbalas satu, sudah bisa mengantarkan Portugal lolos ke babak delapan besar untuk kali ketiga sepanjang sejarah.

https://twitter.com/ESPNUK/status/1600236300015210496?s=20&t=9BwUFgaQmsvPsTvaJeQ3xw

Keputusan berani Santos

Keputusan Fernando Santos, memainkan Goncalo Ramos sejak menit awal dibanding Ronaldo berbuah manis. Striker Benfica itu mampu mencetak hattrick dan satu asis pada laga kali ini.

3 gol pemain berusia 21 tahun tersebut membuatnya menjadi pemain pertama yang mencetak hattrick di Piala Dunia 2022 dan pemain kedua yang mampu mencetak hattrick di babak knock out stage sejak Piala Dunia 1990.

https://twitter.com/brfootball/status/1600243297120911360?s=20&t=9BwUFgaQmsvPsTvaJeQ3xw

Bintang lapangan

Selain Goncalo Ramos, yang tampil apik pada laga kali ini adalah striker sayap mereka Bruno Fernandes dan Joao Felix. Pada laga kali ini keduanya berhasil menyumbang total 3 asis dan mampu mencipta banyak peluang.

Kemudian sisi full back Portugal juga seakan tidak mau kehilangan panggung. Diogo Dalot dan Raphael Guerreiro sangat aktif terlibat dalam penyerangan Os Navegadores. Terutama Raphael Guerreiro, pemain Dortmund itu berhasil menyumbang 1 gol dan asis bagi Portugal.

Pepe sebagai bek, juga tak mau kalah dengan para pemuda Portugal. Golnya di menit ke-33 menjadikannya sebagai pemain tertua yang mencetak gol fase gugur dengan usia 39 tahun. Lalu ada juga Leao yang kembali tampil apik sebagai supersub lewat gol indahnya di menit ke-92.

Portugal secara possesion memang kalah dari Swiss, tapi mereka unggul jauh dalam hal agresivitas dan efektivitas permainan. Sepanjang 90 menit Bruno Fernandes dkk berhasil melakukan 15 tembakan di mana 9 di antaranya on target, dan memperoleh 5 peluang emas.

BACA JUGA:  Carlos Fortes: Cak Sodiq Asal Portugal

Kemudian dari angka efektivitas mengkonversi peluang menjadi gol Portugal juga sangat superior. Pasanya dengan angka xG a hanya 2,10, tapi Portugal berhasil mencetak 6 gol.

Di babak 8 besar Seleccao das Quinnas sudah ditunggu Maroko yang berhasil menjungkalkan Spanyol. Tapi anak asuh Fernando Santos punya rekor buruk di babak 8 besar Piala Dunia yakni, mereka belum pernah mencicipi satu pun kemenangan di fase ini. 

Lantas bagaimana menurutmu peluang Portugal saat bersua Maroko?

 

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara