Bernardo Tavares: Pelatih PSM yang Pernah Bekerja dengan Jose Mourinho

Bernardo Tavares baru datang menjadi pelatih PSM Makassar pada April 2022. Di musim sebelum Tavares datang, PSM hanya mampu bertengger di peringkat 14 klasemen. Setelah dilatih Tavares, PSM langsung juara Liga Indonesia setelah 23 tahun lamanya. Lantas, seperti apa kisah perjalanan kariernya sebagai pelatih?

Sepatu futsal Mills ori di sini!

Pemilik nama lengkap Fernando Jose Bernardo Tavares itu lahir di kota kecil bernama Proenca-a-Nova, Portugal. Sebelum menjadi pelatih, dia pernah menjajal karier sebagai pemain sepakbola untuk kota asalnya.

Pria kelahiran 2 Mei 1980 itu bergabung dengan tim muda ADC Proenca-a-Nova pada 1996 dan bermain sebagai seorang gelandang. Namun tak berselang lama ia langsung banting stir untuk menjadi pelatih klub sepakbola.

Tavares memulai karier kepelatihannya dengan menjadi asisten pelatih tim muda Benfica pada 2001. Ia kemudian melanjutkan kariernya dengan menjadi pelatih kiper di Alcobaca, tim scouting di Porto, hingga menjadi asisten pelatih di akademi Sporting Lisbon.

Cari sepatu sepakbola Ortus ori? Klik di sini!

Tim senior dalam karier kepelatihannya adalah Hidd SCC. Di sana, Tavares diplot sebagai asisten pelatih. Sampai pada akhirnya ia benar-benar menjadi seorang kepala pelatih untuk pertama kali di Tirsense pada 2014.

Sejak saat itu, dia melanglang buana untuk melatih klub-klub lainnya seperti Al Nahda (2014), GD Tourizense (2016), African Lyon (2016), New Radiant (2017), Benfica Macau (2018), CH. Brothers (2019), Helsinki IFK (2022), hingga ke PSM Makassar.

Pelatih yang sudah memiliki lisensi UEFA Pro itu memiliki cukup banyak prestasi dalam hal kepelatihan. Di antaranya seperti juara Maldives Premier League, Premier League Macao, sampai Goa Profesional League India.

Tavares datang ke Makassar juga dengan segudang pengalaman dari tokoh sepakbola yang terkemuka. Ia pernah magang sebagai training reporter untuk UD Leiria pada 2001 di bawah pelatih kepala, Jose Mourinho.

BACA JUGA:  4 Dokumenter Sepakbola yang Wajib Kamu Tonton

Selain itu, Bernardo Tavares juga pernah bekerja untuk mantan pelatih Timnas Korea Selatan, Paulo Bento, saat menjadi asisten pelatih di akademi Sporting Lisbon. Saat itu, Paulo Bento adalah pelatih kepala tim senior di Sporting.

Kaos Kaki Sambung Avo untuk main sepakbola!

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.