Daya Ledak Mikkel Damsgaard

Mikkel Damsgaard
Pemain anyar Brentford, Mikkel Damsgaard. (teamtalk.com)

Daya ledak Mikkel Damsgaard membuat Brentford kepincut untuk mengamankan jasa pemain asal Denmark tersebut dari Sampdoria dengan mahar sebesar Rp 181 miliar. Pria berusia 22 tahun itu diikat kontrak dengan durasi 5 tahun bersama The Bees untuk mengarungi Liga Inggris 2022/2023.

Damsgaard mulai memunculkan letupan ledakannya ketika berlaga pada ajang Piala Eropa 2020 silam, saat menggantikan peran Christian Eriksen yang harus menepi karena masalah jantung. Mengisi pos sebagai penyerang sayap kiri, Damsgaard memainkan 5 laga dan mencetak 2 gol melalui permainan yang cepat dan agresif yang ia tunjukan.

Sebelum direkrut Sampdoria, Il Ragazzino, julukan Damsgaard yang berarti anak kecil, menempa dirinya di akademi Nordsjaelland yang mana itu adalah salah satu akademi sepakbola elit di Denmark pada tahun 2013. Sebelumnya ia juga pernah membela klub asal kotanya, Jyllinge FC, yang dilatih langsung oleh ayahnya sendiri yang bernama Henrikh Boressen.

Kesempatannya untuk berlatih di Farmund, markas Nordsjaelland, tidak disia-siakan Damsgaard. Ia menjalani debut pertamanya di tim senior pada musim 2017/2018 dan mencapai puncak kariernya pada musim 2019/2020 dengan terlibat pada 35 pertandingan serta mencetak 11 gol dan 6 asis. Walhasil ia sukses meraih predikat pemain terbaik pada musim tersebut.

Berkat rentetan penampilan konsisten itulah Il Samp memutuskan untuk mendatangkannya ke Luigi Ferraris. Melansir FBref, Il Ragazzino mencatatkan intensitas pressure, tekel, blok, dan intersep yang sangat tinggi bagi seorang pemain sayap. Ia juga dikenal sebagai pemain yang lihai dalam melakukan dribel dengan rata-rata 4,37 dribel per pertandingan dengan tingkat kesuksesan sebesar 59% cukup memukau untuk pemain berusia 21 tahun saat itu.

Keagresifannya bersama Sampdoria ternyata ia lakukan juga kala membela Timnas Denmark. Memang ia belum menjadi pengganti sepadan Eriksen yang mampu membahayakan lawan melalui umpan-umpan ciamiknya, tapi Damsgaard menawarkan opsi lain melalui tusukan dan dribelnya yang mampu mengobrak-abrik pertahanan lawan.

BACA JUGA:  Solskjaer Harus Membuat Manchester United Lebih Baik

Meskipun musim 2021/2022 Damsgaard hanya bermain 7 laga di Serie A karena menderita cedera hamstring. Hal itu tidak menyurutkan niat Brentford untuk membawanya ke Gtech Community Stadium. Thomas Frank, pelatih Brentford, yang dilansir dari The Athletic mengatakan bahwa Mikkel adalah sosok yang tepat untuk menjalankan peran nomor 8 atau 10 dalam formasi 4-3-3-nya bersama The Bees.

Ia menambahkan bahwa Mikkel punya kapasitas yang baik untuk membuka ruang, mencetak gol dan punya dribel yang bagus untuk menembus pertahan lawan. Kehadiran pemain berambut pirang ini tentu akan membuat Brentford semakin beraroma Tim Dinamit.

Karena sebelumnya sudah ada Mads Roerslev, Mads Bech Sorensen, Christian Norgaard and Matias Jensen serta sang pelatih, Thomas Franks yang juga merupakan warga Denmark. Mampukah si anak kecil tampil gemilang bersama tim lebah?

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara