Fantasy Premier League Gameweek 37: Mengupas Arsenal dan Sunderland

Arsenal dan Sunderland akan melakoni dua pertandingan sekaligus menjadi sorotan para manajer Fantasy Premier League (FPL) pada gameweek ini. Ini merupakan kompensasi dari penundaan laga antar kedua tim yang seharusnya terselenggara pada gameweek 33, di mana The Gunners harus menjalani laga semifinal Piala FA melawan Reading.

Sejak pertama kali FPL dibentuk, double gameweek selalu menjadi momen yang ditunggu untuk meraih lompatan yang besar. Bahkan, tidak sedikit manajer FPL yang berani mengambil “cost” akibat melebihi jatah free transfer.

Untuk musim ini, sejumlah pemain yang telah menjalani double gameweek tercatat berhasil meraih poin yang fantastis. Sebut saja Andros Townsend (15), Harry Kane (15), Matthew Phillips (20), Charlie Austin (21), Christian Benteke (23), Michael Dawson (21), John Terry (16), Dame N’Doye (15) dan Jamie Vardy (12).

Jadi, berapa banyak pemain double gameweek yang akan digunakan? Satu penyerang dan dua gelandang Arsenal? Atau tiga gelandang Arsenal? Atau justru para pemain bertahankah yang akan digunakan? Apakah juga perlu menggunakan pemain-pemain Sunderland? Artikel kali ini mencoba memberikan ulasan tim yang melakoni double gameweek 37 yaitu Arsenal dan Sunderland.

Arsenal

Musim ini, sederet pemain tengah Arsenal secara bergantian menjadi penyumbang poin tertinggi bagi timnya. Dimulai dari Alexis Sánchez (£11.5) dari awal musim hingga awal tahun baru, lalu Santi Cazorla (£8.3) yang mulai mendapatkan pos favoritnya sebagai pemain no. 10 pada pertengahan musim, hingga pos tersebut direbut oleh Mesut Özil (£8.9) yang kembali dari cedera, dan yang terbaru Aaron Ramsey (£8.8) sejak mengisi pos sayap kanan.

Dari seluruh nama-nama diatas, Sánchez merupakan yang paling konsisten dengan menghasilkan rata-rata 6.3 poin per laga. Bahkan, ia sedang dalam performa apik dengan mengoleksi tiga gol dan satu asis dalam lima laga terakhir. Ramsey juga tengah on fire dengan menghasilkan rata-rata poin per laga sebesar 7.4 dalam tujuh pertandingan terakhir.

BACA JUGA:  Ada Apa Dengan Arsenal?

Meski tidak pernah mencetak gol sejak gameweek 26, Cazorla yang menjadi eksekutor titik putih pertama The Gunners tetap memiliki prospek yang bagus. Ia menjadi gelandang terbanyak – setelah Sánchez – yang menghasilkan tembakan ke gawang dalam lima laga terakhir. Pada periode yang sama, Özil yang bermain sebagai pemain no. 10 untuk mengkreasikan serangan menjadi yang terbanyak dalam menciptakan peluang yaitu 16 kali. Selain itu, Özil hanya dimiliki sebanyak 4.3% dan menjadi yang paling sedikit dari ketiga rekannya tersebut.

Olivier Giroud (£8.7) gagal mencetak satu gol pun dalam empat pertandingan terakhirnya. Ini merupakan sebuah anomali jika melihat torehan yang diraih sebelumnya dengan mencetak tujuh gol dari enam laga. Danny Welbeck (£6.9) yang baru saja sembuh dari cedera serta Theo Walcott (£8.2) yang sedang mencoba mencuri tempat di starting eleven bisa saja merebut pos yang biasa diisi oleh Giroud.

Lini pertahan juga menjadi sorotan tersendiri pada double gameweek 37. Bukannya tidak mungkin Arsenal meraih double clean sheet pada gameweek ini jika melihat apa yang telah diraih Hull pada double gameweek 34. Laurent Koscielny (£6.0) yang menjadi pemain penting di lini pertahanan Arsenal telah mencetak tiga gol sepanjang musim. Ia menjadi satu-satunya bek tengah yang tidak pernah dirotasi ketika sedang dalam kondisi fit. Hector Bellerín (£4.8) bisa menjadi alternatif pemain belakang The Gunners yang menawarkan harga yang lebih murah dan potensi dalam membantu serangan.

Sunderland

Jordi Gómez (£5.1) menjadi pemain Sunderland yang paling menonjol dalam dua gameweek terakhir. Ia berhasil membukukan dua gol dan satu asis. Namun, pilihan di lini depan Sunderland menjadi sebuah dilema tersendiri bagi para manajer FPL yang ingin menggunakan penyerang The Black Cat. Danny Graham (£4.7) dan Jermain Defoe (£5.0) sama-sama menghasilkan satu gol dan satu asis dari dua laga terakhir. Di periode tersebut, Connor Wickham (£5.6) gagal mencetak satu gol pun, setelah pada dua laga sebelumnya selalu mencetak gol.

BACA JUGA:  Chelsea (0-1) Arsenal : “Wajah Baru” Arsenal Taklukkan Chelsea

Meski dirasa cukup berisiko, lini pertahan Sunderland bisa saja menghadirkan kejutan bagi para manajer petaruh. Costel Pantilimon (£4.5) menjadi kiper dengan catatan rata-rata penyelematan per laga terbanyak musim ini. Ia tercatat setidaknya melakukan empat kali penyelamatan dalam 26 laga yang dilakoninya. Patrick van Aanholt (£4.1) yang merupakan bek kiri dengan naluri menyerang bisa menjadi opsi bek di skuat FPL untuk double gameweek. Sepanjang musim ini, ia berhasil mencetak lima asis dan meraih empat bonus poin.

 

Komentar