Moises Caicedo: Bintang Muda Ekuador di Qatar

Moises Caicedo
Pemain muda Timnas Ekuador, Moises Caicedo. (tbrfootball.com)

Salah satu nama yang menarik untuk diperhatikan pada laga pembuka Piala Dunia 2022 selain Enner Valencia adalah Moises Caicedo. Pemain Timnas Ekuador tersebut merupakan penggawa dari salah satu klub Premier League, Brighton & Holve Albion.

Usianya baru 21 tahun, tetapi pemain yang berposisi sebagai gelandang tersebut telah mengemas 26 caps dan 2 gol bersama Ekuador. Kariernya di Brighton juga sedang cerah. Ia menjadi salah satu pemain kunci di musim ini dengan 14 laga yang sudah dimainkannya di Premier League.

Dalam laga perdana melawan Qatar, Moises bermain selama 89 menit sebelum diganti Alan Franco Palma. Dikutip dari sofascore.com, selama di lapangan Moises melakukan 54 sentuhan bola dan 44 umpan sukses dari 48 kali percobaan, mencapai angka 92 persen.

Dilihat dari heatmap bermain Moises, ia lebih banyak beroperasi di tengah lapangan guna membantu pada saat transisi menyerang maupun bertahan. Pasalnya, pemain ini secara bertahan juga cukup baik. Selama pertandingan tersebut, ia memenangkan 2 dari 3 ground duels dan melakukan 2 kali intersep.

Melalui permainannya, Moises cenderung tergolong dalam tipe gelandang yang bekerja keras. Ia merupakan paket komplet untuk seorang pemain dengan atribut menyerang dan bertahan yang seimbang. Namun Moises juga masih memiliki kelemahan lainnya seperti dalam hal penguasaan bola.

Dalam beberapa kali pertandingannya dengan Brighton, kontrol bola yang dimiliki Moises juga kadang terlihat rentan untuk tergelincir. Dalam pertandingan pembuka Piala Dunia Qatar 2022 tersebut, Moises juga masih terlalu banyak kehilangan bola dengan angka yang mencapai 5 kali.

Meskipun begitu, atribut Moises sebagai gelandang yang rajin untuk bekerja keras patut diberikan kredit. Buktinya ia sukses mengawal Ekuador memenangkan laga perdana di Piala Dunia Qatar 2022 dan membawa tim tersebut cleansheet dalam tujuh laga terakhir.

BACA JUGA:  Marina Granovskaia, Perempuan Adidaya di Jagad Sepakbola

Ajang kali ini akan menjadi pembuktian Moises sebagai salah satu pemain muda potensial yang berada di Qatar. Selanjutnya masih ada Senegal dan Belanda yang akan menguji ketangguhan dari Ekuador. Kualitas dan mental Moises akan ditempa dalam dua pertandingan tersebut.

 

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.