Kafein dan Sepak Bola: Bermanfaat atau Berbahaya?

  • Perbanyak artikel serupa, mas :). Tulisan menyoal teknis, taktik, training bisa dijumpai di mana-mana. Tapi tulisan terkait sport science (dan juga manajemen mental) kehadirannya sangat kurang, termasuk di Indonesia.

    • Sirajudin Hasbi

      di Indonesia soal training itu juga kurang e hehe dalam waktu dekat tayang tentang pelatih usia dini 😉

  • Yamadipati Seno

    Saya pernah ketiduran beberapa jam sebelum futsal. setelah bangun, badan rasanya lemas. Kebetulan, di kulkas, ada potongan buah alpukat yg dicampu susu coklat. berhubung cuaca yg sedang panas, tenggorokan kering, agak lapar sedikit pucat, dan kantong kering karena akhir bulan, saya makan sudah itu potongan buah alpukat. tiba2 mata serasa dipaksa melek, badan lebih segar, dan bergairah. apakah alpukat dan susu coklat berjodoh, coach Katon? kalau jodoh, besok mau saya nikahin. kasian dah lama jomblo..

  • Saya suka minum kopi hitam tanpa gula atau espresso 2-3 jam sebelum sebelum long run atau main tarkam. Kebetulan saya juga penggemar kopi terutama speciality coffee. Efeknya jelas banget itu kalo minum kopi beberapa jam sebelum olahraga keras. Lari 10 km nggak kerasa capek dan ketika saya main jadi fullback atau box-to-box mid bisa tahan lari naik turun dan duel fisik terus2an 2×45 menit.

  • Katondio B. Wedya

    Iya, kang Sen, sebenarnya mah boleh2 aja dimakan pra olahraga. Apalagi didorong kafein kan, jadi si lemak di alpukat bisa lebih cepat di-convert jd energi.

  • Katondio B. Wedya

    Yap, asal tidak berlebihan, maka akan memberikan efek yang baik, mas stroong 😀