Apa Itu Undang-Undang Anti-Pique?

Gerard Pique (sportmindmedia.com)
Gerard Pique (sportmindmedia.com)

Pemerintah Spanyol kabarnya akan segera mengesahkan sebuah undang-undang bernama “Anti-Pique”. Aturan ini muncul sebagai respon atas keterlibatan Gerard Pique dalam kesepakatan penyelenggaraan Piala Super Spanyol di Arab Saudi.

Apa yang sebenarnya terjadi

Isu ini mulai menyeruak pada April 2019 saat perusahaan Pique, Kosmos, menjadi makelar pembuatan format baru Piala Super Spanyol antara pemerintah Arab Saudi dan FREF (Federasi Sepakbola Spanyol). Melalui pesan audio Whatsapp yang dibocorkan oleh El Confidential, perusahaan bek Barcelona, Kosmos, diduga menerima dana sebesar 24 juta Euro saat menjadi makelar dalam kesepakatan tersebut.

Apakah tindakan Pique dan perusahaannya salah?

Secara hukum apa yang dilakukan Kosmo Holding tidak menyalahi aturan. Karena pihak Saudi mentransfer uang langsung ke pihak Federasi Sepakbola Spanyol, tidak lewat perusahaan Pique. Hanya saja posisi Pique saat itu masih aktif sebagai pemain sehingga sangat rawan konflik kepentingan.

Apa isi undang-undang tersebut?

Dalam draft undang-undang yang diberi nama “klausul anti-Pique” di pasal 47 berisikan larangan pesepakbola aktif mana pun memiliki kaitan komersial dengan kompetisi yang mungkin mereka ikuti. Secara tidak langsung tujuan aturan ini adalah untuk menghindari konflik kepentingan.

Apa konsekuensi bagi Pique?

Menurut informasi dari Goal.com dan Sportbible, Pique tidak akan ditindak atau menerima sanksi, karena undang-undang ini tidak bersifat retrospektif atau berlaku setelah disahkan oleh Kongres Deputi. Sehingga tak akan ada pemain yang bisa mengulangi aktivitas bisnis yang sedemikian rupa.

Bagaimana tanggapan Pique?

Menurut pemain berusia 35 tahun tersebut, yang dilakukan perusahaannya bukanlah tindakan yang ilegal. Nominal komisi yang perusahaannya terima sebagai perantara juga sangat wajar berkisar di angka 10-15% sama seperti peran agensi lainya dalam perkara seperti itu. Pique juga menambahkan dengan adanya format baru akan membuat Piala Super Spanyol lebih menarik dan lebih menguntungkan secara komersial.

BACA JUGA:  Kanada Tidak Dapat Jersey Baru di Piala Dunia 2022, Apa Sebabnya?

 

 

 

 

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara