Brandon Jawato: Small Forward Blasteran Andalan Indonesia

Brandon Jawato
Potret Brandon Jawato. (spin.ph)

Berilah bola pada Brandon Jawato maka kamu akan mendapat angka. Pernyataan tersebut tentu terlalu hiperbola, namun kenyataannya memang sebagus itu pemain yang berposisi sebagai small foward tersebut dalam bermain basket.

Pemain bernama lengkap Brandon van Dorn Jawato ini lahir di California, Amerika Serikat, pada 3 Juni 1993. Jawato merupakan pemain basket blasteran Indonesia-Amerika karena Ayahnya merupakan orang Bali bernama, Nyoman Jawato dan Ibunya yang berasal dari Amerika bernama, Belinda van Dorn.

Jawato menghabiskan banyak waktu kecil hingga remaja dengan bermain Basket di Negeri Paman Sam. Tanda-tanda Jawato bakal menjadi pemain basket beken dimulai sejak SMA. Dimana ia menjadi pemain paling menonjol di tim dan mampu meraih Big West Player Of The Week pada tahun 2013 saat berlaga bersama tim Universitasnya Hawai Pacific.

Pemain yang terbiasa bermain sebagai small forward atau point guard ini, menjalani karier di indonesia sejak tahun 2016 silam dengan membela tim Pelita Jaya. Berselang dua tahun, ia pindah ke CLS Knight Surabaya. Jawato juga tampil di ajang Asean Basketball League dari tahun 2018-2019 dan sering masuk kandidat pemain lokal terbaik pada ajang tersebut.

Pada tahun 2020, Jawato resmi menjadi WNI melalui program Naturalisasi. Meski demikian, FIBA menganggap Jawato sebagai pemain lokal Indonesia karena Jawato dikabarkan sudah punya paspor Indonesia sebelum usianya 16 tahun.

Namun ada juga sumber yang menyebut bahwa status tersebut diperoleh karena ayahnya yang asli Indonesia dan Jawato dianggap sudah lama berada serta bermain di kompetisi basket Indonesia. Satu hal yang pasti, hal tersebut menjadi keuntungan bagi Timnas Indonesia karena masih bisa menambah satu lagi pemain naturalisasi murni dalam skuad.

BACA JUGA:  Neymar: Sang Megabintang sedang Gamang

Jawato, selain menjadi andalan Timnas Basket Indonesia pada SEA Games 2022 dan FIBA Asia Cup 2022. Ia juga menjadi tumpuan timnya saat ini, Utsunomiya Brex di Liga Basket Teratas Jepang, yang ia sudah bela sejak tahun 2021 silam. Kemampuan dribble dan mencetak angka Jawato bisa dibilang menjadi senjata utamanya.

Setelah mempersembahkan medali emas SEA Games 2022 bagi Indonesia, kini Jawato fokus membawa Timnas Basket untuk berbicara banyak di FIBA Asia Cup 2022. Sehingga memperbesar peluang timnas basket untuk tampil di Piala Dunia Basket 2023 mendatang di Indonesia.

 

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara