Cesc Fabregas Bakal Dilatih Legenda Timnas di Como 1907

Cesc Fabregas
Potret Cesc Fabregas berseragam Chelsea. (skysports.com)

Lama tak terdengar, nama Cesc Fabregas kembali muncul ke permukaan. Seperti diwartakan jurnalis Italia, Fabrizio Romano pada 15 Juli 2022, Fabregas akan bergabung dengan Como 1907, klub milik Djarum Group yang berkiprah di Serie B Italia.

Gelandang asal Spanyol itu direkrut dengan status bebas transfer dan dikontrak selama dua tahun setelah masa tinggalnya yang habis Juni 2022 tak diperpanjang oleh AS Monaco.

Artinya, Fabregas akan memulai petualangan baru di bawah arahan legenda sepakbola tanah air, Kurniawan Dwi Yulianto yang kini menjabat sebagai asisten pelatih mendampingi Giacomo Gattuso.

Dilansir Football Espana, Fabregas memang belum mau gantung sepatu dan ingin membuka lembaran baru. Padahal, eks pemain Arsenal tersebut juga banjir tawaran untuk meniti karier sebagai pelatih.

Kariernya memang cenderung meredup pasca membela Chelsea selama empat musim. Posisinya tergantikan oleh Jorginho seiring dengan performanya yang juga menurun termakan usia.

Selama karier panjangnya, Fabregas telah mencatatkan lebih dari 700 penampilan dari berbagai ajang.

Dua kali juara Premier League bersama The Blues, satu Piala FA saat masih di Arsenal, dua gelar La Liga untuk Barcelona, dan dua trofi Piala Eropa serta satu gelar juara dunia untuk Spanyol berhasil ia persembahkan.

Sementara di AS Monaco, Fabregas tak terlalu mencolok. Total hanya 54 kali ia tampil selama empat musim bertualang di Ligue 1.

Musim 2021/2022, Fabregas bahkan hanya turun dua kali dan lebih banyak menghabiskan waktu di ruang terapi.

Meski begitu, jam terbangnya di kompetisi top Eropa bisa berguna untuk Como yang sedang merangkak ke Serie A.

Sejak diakuisisi oleh SENT Entertainment, anak perusahaan Djarum Group pada 2019 lalu, Como memang mengalami perubahan yang signifikan.

BACA JUGA:  Chelsea atau Manchester City, Siapa Jadi Raja?

Dari stadion tak layak pakai, keuangan kritis, dan berkutat di Serie D, kini disulap menuju klub profesional yang punya impian kembali ke kasta tertinggi setelah terakhir kali terlihat di Serie A pada 2003 silam.

Klub yang bermarkas di Lombardia tersebut kini tengah berjuang di Serie B. Musim 2021/2022 I Lariani berkutat di papan tengah dan kesulitan bersaing untuk memperebutkan tiket ke Serie A.

Kedatangan Fabregas mungkin bisa berdampak baik untuk klub dari berbagai sisi.

Nama besar Fabregas bisa jadi daya tarik tersendiri untuk para fans, menguntungkan dari segi bisnis, dan terutama menyuntikkan pengalaman serta kemampuannya untuk skuad Como. Semoga sukses, Cesc!

Komentar