Dominasi Persija di Skuad Garuda Muda

Cahya Supriadi
Kiper muda Persija Jakarta, Cahya Supriadi. (persija.id)

Timnas Indonesia U-20 tengah menggeber persiapan untuk mengarungi ajang Kualifikasi Piala AFC U-20 yang akan digelar pada 14-18 September mendatang. Sebelumnya, Shin Tae-yong telah memanggil 36 nama saat pemusatan latihan (TC) pertama di Jakarta pada 25 Agustus – 6 September pekan lalu. Di antara 36 nama tersebut, Persija Jakarta menjadi penyumbang penggawa muda terbanyak hingga 10 pemain. Pelatih Macan Kemayoran, Thomas Doll sampai harus memutar otak untuk mengelola skuadnya.

Sebab, 5 dari 10 pemain yang dipanggil merupakan penggawa inti di skuad senior. Mereka adalah Muhammad Ferrari, Alfriyanto Nico Saputro, Cahya Supriadi, Frengky Deaner Missa, dan Ginanjar Wahyu. Nama pertama bahkan sudah tampil reguler dan nyetel dengan formasi tiga bek racikan Thomas Doll. Ferrari telah 8 kali tampil dari total 9 pertandingan Macan Kemayoran di Liga 1 musim ini. Ia hanya absen saat laga kontra Barito Putera kemarin sebab sudah menyusul rekan-rekan Garuda Muda untuk menjalani TC di Surabaya.

Pun begitu dengan keempat pemain muda di tim utama lainnya yang telah bergabung sejak 4 September lalu dan lima penggawa telah lebih dulu merapat sejak awal TC pertama di Jakarta. Adapun lima pemain yang lebih awal mengikuti TC yakni Rayhan Utina, Teuku Razzaa Fachrezi, Agi Firmansyah, Dia Syadid Alhawari, dan Achmad Maulana Syarif. Meski demikian, Thomas Doll tetap mampu menangani tim dengan komposisi terbatas setelah meraih kemenangan ke-6 untuk membawa mereka naik ke empat besar klasemen sementara.

Situasi ini juga bukan kali pertama yang dialami Persija. Macan Kemayoran nyaris tak pernah absen menelurkan pemain berkualitas untuk merumput di timnas. Maret lalu, saat Timnas U-19 menjalani TC di Korea Selatan untuk persiapan Piala Dunia U-20 2023, Persija juga menjadi kontributor terbanyak dengan mengirim 8 pemain. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa akademi Persija berjalan secara progresif dan tim utama mereka selalu memberikan kepercayaan terhadap pemain muda didikannya sendiri.

BACA JUGA:  Juventus dan Para Liyan

Nama-nama yang akhirnya lolos TC pun tak minim kontribusi. Cahya Supriadi tampil gemilang saat mengawal gawang Garuda Muda di turnamen Piala AFF U-19 lalu. Razzaa dan Ferrari juga unjuk kebolehan di turnamen yang sama. Sementara penggawa lain juga sudah cukup banyak jam terbang di level profesional. Hanya perkara waktu untuk bisa menyaksikan para penggawa muda Macan Kemayoran kembali mencuri panggung di turnamen internasional.

Belum cukup sampai di situ, Shin Tae-yong kembali memanggil satu nama tambahan dari klub ibukota tersebut. Dony Pamungkas yang masih berusia 17 tahun menyusul rekan-rekannya untuk menjalani TC di Surabaya. Pemanggilannya diyakini terjadi setelah Dony tampil apik kala Timnas U-20 melakukan uji tanding dengan Persija U-18 pada 2 September lalu. Di laga tersebut, Persija U-18 berhasil unggul dengan skor akhir 2-1.

Kualitas akademi Persija termasuk salah satu yang terbaik di Indonesia. Terlebih, kini mereka ditangani pelatih sekaliber Thomas Doll yang sarat pengalaman dalam pengelolaan tim. Berbagai potensi akan semakin terbuka berkat kebijakan yang selaras antara akademi dan tim utama. 11 nama yang kini masuk dalam daftar skuad Timnas U-20 akan memperebutkan 23 tempat demi bisa membela timnas saat Kualifikasi Piala AFC U-20 nanti. Kira-kira berapa pemain Persija yang akan dipertahankan?

Komentar