FIFA 23 Rilis Rating Pemain, Ronaldo Turun Lagi?

Cristiano Ronaldo
Cristiano Ronaldo di gim FIFA. (eraspace.com)

Game simulasi sepakbola terpopuler edisi terbaru, FIFA 23 telah merilis rating para pemain jelang peluncuran resmi gim pada 30 September 2022. Sejumlah bintang sepakbola menghiasi pos teratas dengan rating di atas 90. Lima pemain yang mendapat predikat terbaik diberi overall rating 91 di antaranya Karim Benzema, Lionel Messi, Kylian Mbappe, Kevin de Bruyne, dan Robert Lewandowski. Satu nama megabintang hilang dari ranking lima teratas, yakni Cristiano Ronaldo yang mengalami penurunan dengan overall rating 90.

Dalam lima edisi terakhir gim yang baru saja mengakhiri kerja sama dengan Electronic Arts (EA) tersebut, Ronaldo terus mengalami penurunan. Sang kapten Timnas Portugal pernah mencicipi top rating sebagai pemain terbaik pada FIFA 16 – 19 berkat peran besarnya sebagai pemain kunci di Real Madrid. Setelahnya ia berangsur mengalami penurunan sejak merapat ke Serie A bersama Juventus, meskipun tak terlalu signifikan.

Ronaldo tetap gacor di Serie A dengan kontribusi signifikan untuk Si Nyonya Tua. Total 101 gol dari 134 laga berhasil dilesakkan ke gawang lawan dengan hasil dua scudetto untuk klub asal Turin tersebut. Mulai FIFA 20, rating-nya turun secara konstan satu poin tiap musim hingga pada edisi terbaru FIFA 23 ia mendapat nilai 90.

Kondisi tersebut sejalan dengan performanya yang secara berangsur juga menurun sejak kembali ke pangkuan Setan Merah pada musim 2021/2022. Musim lalu, ia masih memiliki kapasitas yang mumpuni sebagai penyerang elit di Manchester United. Sebagai catatan, overall rating seorang pemain di gim FIFA berkaca dari performa di musim sebelumnya. Untuk menentukan rating seorang pemain, EA melakukan peninjauan data dan evaluasi performa si pemain berdasarkan sepaket atribut yang disesuaikan dengan posisinya.

BACA JUGA:  Depok United FC Hadir: Saatnya Pembinaan Usia Muda Berjenjang Berjalan

Mereka bekerja sama dengan The Ratings Collective untuk memberikan rating di gim terhadap lebih dari 17.000 pesepakbola. Adapun sejumlah kriteria yang muncul sebagai basis penilaian seorang pemain yakni pace, dribbling, shooting, defending, passing, physicality. Kriteria atau atribut yang ditonjolkan tentu disesuaikan dengan posisi masing-masing pemain. Seperti contoh untuk seorang penjaga gawang atribut yang menjadi sorotan meliputi diving, handling, kicking, positioning (GK), reflexes, dan speed.

Sementara Ronaldo mengalami penurunan rating hampir di tiap atribut kecuali fisik (physicality) dan defending. Paling signifikan, Ronaldo mengalami penurunan pada aspek pace seiring dengan penurunan kecepatan lari dan akselerasinya yang semakin terlihat jelas di beberapa laga terakhir musim ini. Overall rating mencapai 90 mempertahankan rekor Ronaldo yang selalu mendapat penilaian di angka 90 ke atas selama satu dekade terakhir sejak FIFA 12.

Di lain sisi, rival abadinya, Lionel Messi kali ini lebih unggul dengan menduduki top 5 pemain dengan rating tertinggi. Selain itu, lonjakan signifikan didapatkan oleh Karim Benzema yang naik dua tingkat dari edisi sebelumnya. Pada FIFA 22, Benzema mendapat nilai keseluruhan 89 dan pada FIFA 23 ia berada di jajaran pemain top dengan rating 91, tertinggi sepanjang kariernya. Gimana menurutmu, apakah rating di FIFA 23 cocok dengan kondisi aslinya?

Komentar