Mesin Uang Cristiano Ronaldo

Cristiano Ronaldo
Pemain Manchester United, Cristiano Ronaldo. (skysports.com)

Cristiano Ronaldo tak pernah mengenal batas. Dari seorang anak yang suka berdiri di depan McDonald untuk meminta burger, menjadi ‘Mesin Uang’ yang tinggal di kawasan megah Kota Manchester, Cheshire Mansion. Dalam kurun waktu 9 tahun ia telah menghasilkan 1,2 miliar dollar atau sekitar lebih dari 17 triliun rupiah. Tak hanya menjadi bintang di lapangan hijau, ia juga merupakan seorang pebisnis handal dengan sumber pendapatan lintas sektor baik di dalam maupun luar lapangan. Kini kekayaannya ditaksir mencapai 500 juta dollar.

Pada 2022, Ronaldo menempati urutan 3 sebagai atlet dengan pendapatan terbesar di dunia menurut Forbes, dua tingkat di bawah sang rival abadi, Lionel Messi. Kemampuan Ronaldo mengelola bisnis berada di level yang berbeda. Dalam kurun waktu satu tahun (Mei 2021-Mei 2022) pendapatan CR7 mencapai angka 115 juta dollar atau sekitar 1.7 triliun rupiah, di mana 47% di antaranya berasal dari pendapatan di luar lapangan hijau. Ia punya investasi besar untuk empat brand multi sektor, termasuk salah satunya brand “CR7” miliknya sendiri.

Di urutan keempat, Ronaldo memiliki Pestana CR7, bisnis hotel yang tersebar di beberapa sudut benua Eropa dari Lisbon, Madrid, Funchal, dan dua kota lain yang sedang dalam tahap pengembangan yakni di Paris dan New York. Ia juga punya 10 hair clinic mewah bernama Insparya yang tersebar di Eropa. Selain itu, pesepakbola 37 tahun tersebut juga punya kepemilikan Private Jet yang disewakan dengan harga 3000 dollar per jamnya. Ronaldo bisa mendulang lebih dari 11 juta dollar per tahun dari jet pribadinya itu saja.

Si kolektor 5 Ballon D’Or identik dengan Nike sepanjang kariernya. Per 2016, Ronaldo menyepakati kontrak seumur hidup senilai 1 miliar dollar dengan bonus kontrak mencapai 100 juta dollar. Ketertarikan Ronaldo terhadap dunia mode pada akhirnya bermuara dalam sebuah brand “CR7” bentukannya. Label CR7 memang sangat melekat dengannya sejak bermain untuk Manchester United. Kini CR7 lebih dari sekadar julukan untuk Ronaldo di lapangan hijau, melainkan menjadi brand image fenomenal dalam dunia mode dengan berbagai katalog meliputi pakaian dalam, parfum, sepatu, denim, hingga selimut. Nilai kesepakatan bisnis di sektor ini mencapai lebih dari 101 juta dollar.

BACA JUGA:  Apakah Gabriel Barbosa Bisa Jadi Pemain Hebat Seperti di Football Manager?

Sejumlah besar pendapatannya juga masuk dari brand ternama lainnya lewat endorsement. Selain Nike, beberapa di antaranya yakni MTG, Alice, Herbalife, Tag Heuer, Egyptian Steel, dan DAZN. Ronaldo telah menjelma lebih dari seorang atlet profesional. Bisa dikatakan ia juga seorang selebriti dan saat ini dinobatkan sebagai manusia dengan pengikut Instagram terbanyak di dunia mencapai 478 juta orang, melebihi artis papan atas dunia lain macam Kylie Jenner, Kardashian family, Dwayne Johnson, dan hanya kalah dari akun Instagram itu sendiri.

Angka superior itu kemudian mendatangkan keuntungan besar bagi dirinya. Tarif endorse di akun Instagram Ronaldo diperkirakan mencapai 1.6 juta dollar per postingan. Ia juga selalu mengikuti perkembangan bisnis dan teknologi terkini. Tercatat, Ronaldo menaruh minat investasi di Draftea (platform fantasy sport di Spanyol) dan FanCraze (platform NFT untuk olahraga kriket). Jika semua digabungkan dengan pendapatan murni dari sepakbola, Ronaldo nyaris selalu bisa mengantongi lebih dari 100 juta dollar per tahun. Pendapatannya di MU saja saat ini termasuk yang tertinggi di angka 385 ribu paun per pekan atau sekitar 6.9 miliar rupiah per tahun.

Meski dikelilingi popularitas dan harta melimpah, Ronaldo dikenal sebagai pribadi yang rendah hati dan seorang filantropis. Tentu kita masih ingat bagaimana ia menaruh empati dan turut bersolidaritas untuk Indonesia saat bencana alam Tsunami Aceh pada 2004 silam. Terkini ia mendonasikan sebagian uangnya untuk rumah sakit selama pandemi COVID-19, membangun sekolah di Gaza, membantu pemulihan korban gempa bumi di Nepal, dan terlibat dalam banyak aksi sosial bersama Unicef sebagai ambassador dari Save The Children, sebuah organisasi kemanusiaan untuk anak-anak di berbagai penjuru dunia.

BACA JUGA:  Haaland dan Mbappe, Penerus Rivalitas Messi dan Ronaldo

Aksi filantropinya juga bukan tanpa alasan. Ia tumbuh besar bersama seorang ayah pecandu alkohol dan ibu yang amat penyayang. Latar belakang demikian membentuknya menjadi sosok ayah idaman bagi lima anaknya dan sang pasangan, Georgina Rodriguez. Atas apapun yang didapatkan Ronaldo sekarang adalah buah dari kerja keras setiap hari tanpa henti sebagai atlet profesional dan pebisnis handal.

Komentar