Fantasy Premier League: Performa Tim Setelah Piala Liga

Tengah pekan ini, ajang Piala Liga kembali berlangsung dan telah sampai di babak 16 besar. Usut diusut, ajang Piala Liga ini ternyata memiliki dampak secara tidak langsung terhadap performa tim di pekan Liga Primer Inggris selanjutnya.

Bagaimana bisa? Ada banyak faktor yang terlibat di dalamnya. Beberapa di antaranya adalah kelelahan pemain yang harus bermain 3 kali dalam seminggu, mental yang turun karena kalah di Piala Liga atau justru naik setelah tampil baik di Piala Liga, dan masih banyak lainnya.

Semua faktor tersebut bisa memengaruhi performa suatu tim setelah Piala Liga, baik dalam konteks positif maupun negatif. Akan tetapi, dalam artikel ini, kita tidak akan membahas lebih dalam masing-masing faktor tersebut, melainkan membahas pola-pola yang terbentuk di baliknya dan menunjukkan hasil yang (hampir) selalu sama dalam beberapa tahun terakhir.

Pola apa yang dimaksud? Pola tersebut adalah jumlah gol dan tim yang berhasil mendapatkan cleansheet (CS) di pekan-pekan Liga Primer Inggris setelah Piala Liga. Pada kesempatan ini, penulis akan menggambarkan pola-pola tersebut dalam 5 tahun terakhir. Perhatikan tabel-tabel berikut.

jumlah-gol

jumlah-tim

Dari kedua tabel di atas dapat dilihat bahwa setelah babak 16 besar Piala Liga, jumlah gol yang dihasilkan selalu lebih kecil dibandingkan setelah babak ke-3 Piala Liga. Sementara dari segi tidak kebobolan, jumlah tim yang berhasil mendapat cleansheet selalu lebih banyak dari tahun ke tahun.

Pola yang terjadi setelah babak ke-3 Piala Liga ini mungkin disebabkan kebanyakan tim lebih berani bermain menyerang. Penyebab lainnya, mungkin, karena saat itu Liga Primer Inggris telah berjalan kurang lebih 6 pekan dan masing-masing tim pun sudah mulai menemukan skuat serta formasi idealnya.

Sementara untuk sepekan setelah babak 16 besar Piala Liga, sedikitnya jumlah gol mungkin dikarenakan tim-tim cenderung lebih bermain defensif. Faktor rotasi dan kelelahan pemain menjadi alasan lainnya.

Melihat pola yang “hampir” selalu sama tiap musimnya, maka besar kemungkinan hal yang sama akan terjadi pada Gameweek (GW) 10 yang akan berlangsung setelah babak 16 besar Piala Liga. Artinya, GW 10 besok diprediksi akan menghasilkan sedikit gol dan banyak tim yang berhasil mendapatkan cleansheet.

Oleh karena itu, menjelang GW 10, para manajer mungkin lebih baik memfokuskan strateginya pada lini pertahanan. Ada beberapa strategi yang bisa diambil seperti memasang formasi 4 (atau 5) bek, mengganti bek dengan yang lebih berkualitas, atau yang paling gereget, memasang seorang bek sebagai kapten.

BACA JUGA:  Hari Kartini dan Emansipasi dalam Sepak Bola

Dari 3 strategi tersebut, hal yang paling rasional mungkin mengganti bek yang ada sekarang dengan yang lebih berkualitas.

Strategi ini semakin dirasa penting jika kita berkaca pada banyaknya pertandingan GW 9 lalu yang menghasilkan sedikit gol, kecuali pada pertandingan Leicester vs Crystal Palace dan *uhuk* Chelsea vs Manchester United tentunya *uhuk*.

Berikut adalah beberapa tim (beserta pemainnya) yang besar kemungkinan bisa mencatatkan cleansheet pada GW 10:

Arsenal

Menghadapi Sunderland di Stadium of Light, Arsenal di atas kertas dianggap mampu memenangi pertandingan dan menjaga gawangnya tidak kebobolan. Saat ini, Sunderland tengah terjebak di dasar jurang klasemen dengan belum pernah mencatatkan kemenangan. The Black Cats pun baru mencatatkan 4 gol di kandang atau kedua terburuk di liga bersama Stoke dan Swansea.

Beberapa pemain Arsenal yang direkomendasikan adalah Petr Cech (£5,5), Laurent Koscielny (£6,4), dan Hector Bellerin (£6,6). Tidak hanya berpotensi menjadi magnet BPS ketika timnya tidak kebobolan, Koscielny mampu mencetak gol lewat bola mati dan Bellerin mampu mencetak asis dari sayap.

Sementara itu, Cech sendiri merupakan kiper kedua yang paling sedikit kebobolan musim ini (4 kali cleansheet) bersama Thibaut Courtois dan Hugo Lloris.

Bournemouth

Lawan yang akan mereka hadapi di GW 10, Middlesbrough, merupakan tim yang paling sedikit mencetak gol pada laga kandang bersama Hull City. Dari 4 pertandingan kandang yang dijalaninya, The Boro baru mendapatkan 1 poin dari hasil 1 kali imbang dan 3 kali kalah.

Beberapa pemain Bournemouth yang direkomendasikan adalah Artur Boruc (£4,6) dan Adam Smith (£4,7). Boruc adalah salah satu pilihan kiper murah dan berkualitas yang poin FPL-nya hanya berselisih satu dari Tom Heaton yang menjadi kiper dengan poin tertinggi (39 poin). Sementara Smith mirip seperti Bellerin, yang mampu mencetak asis dari sayap.

Manchester United

Meski baru mencatatkan kekalahan besar pada pekan lalu, Manchester United diprediksi setidaknya mampu menjaga gawangnya tidak kebobolan ketika melawan Burnley. Ini dikarenakan The Clarets merupakan tim yang paling sedikit mencetak gol pada laga tandang musim ini (1 gol dari 3 laga tandang).

BACA JUGA:  Fantasy Premier League: Mereka yang Bersinar di Jeda Internasional

Beberapa pemain Manchester United yang direkomendasikan adalah Daley Blind (£5,7) dan Antonio Valencia (£5,5).

Keduanya merupakan magnet BPS dan berpotensi memberikan asis dari sayap. Dibandingkan Valencia, Blind mungkin memiliki sedikit keunggulan karena menjadi salah satu pengambil tendangan sudut.

Stoke City

Swansea, yang akan bertandang ke kandang Stoke masih belum menemukan formasi ideal bersama pelatih baru, Bob Bradley. Dalam dua pertandingan yang telah dijalani, komposisi pemain yang digunakan Bradley selalu berbeda.

Beberapa pemain Stoke yang direkomendasikan adalah Lee Grant (£4,1) dan Erik Pieters (£4,4). Grant, dalam beberapa pekan terakhir, tampil mengesankan dengan penyelamatan dan kemampuannya mengorganisasi pertahanan.

Sementara Pieters sama seperti bek-bek sayap pada umumnya, yaitu berpotensi mendapatkan poin FPL dari asis.

Tottenham Hotspur

Tottenham akan berhadapan dengan Leicester City di kandangnya sendiri. The Lilywhites merupakan tim yang paling banyak mencatatkan cleansheet pada musim ini (5 kali).

Sementara itu, The Foxes merupakan tim yang tidak memiliki catatan tandang yang cukup baik dengan selalu kalah dan baru mencatatkan 3 gol dalam 4 pertandingan tandang.

Beberapa pemain Tottenham yang direkomendasikan adalah Danny Rose (£5,9) dan Kyle Walker (£6,1). Tidak bosan-bosan saya mengulangnya, keduanya merupakan bek sayap yang berpotensi memberikan poin FPL tambahan dari asis-asisnya.

Watford

Hull City, atau yang mungkin dapat kita sebut sebagai “Aston Villa baru” musim ini akan bertandang ke Vicarage Road pada Sabtu (29/10) besok. Meski telah mencatatkan 5 gol dalam 4 pertandingan tandangnya, The Tigers diragukan dapat menjebol gawang Watford karena harus ditinggal pemain kuncinya, Robert Snodgrass, selama 4 pekan karena cedera.

Beberapa pemain Watford yang direkomendasikan adalah Heurelho Gomes (£4,9) dan Jose Holebas (£4,6).

Secara berturut-turut dalam 2 GW terakhir, Gomes mampu meraih cleansheet dan bonus poin (total 3 bonus poin). Sementara Holebas merupakan salah satu bek yang memiliki kontribusi menyerang paling tinggi saat ini dengan 2 gol dan 1 asis.

 

NB: Harga dan persen kepemilikan pemain di atas merupakan nilai yang tertera di website resmi FPL (fantasy.premierleague.com) saat artikel ini ditulis (26 Oktober 2016).

 

Komentar
Editor, pharmacy, football enthusiast. Pengasuh fplmakmur.wordpress.com. Penulis bisa dihubungi lewat Twitter @aldosahala.