Jersey UNICEF Barcelona: Kepedulian terhadap Sosial

Spain Soccer La Liga

Dahulu, salah satu hal yang membuat Barcelona menjadi klub yang spesial adalah komitmen mereka dengan menjadikan UNICEF sebagai sponsor di jersey. Barcelona memakai logo UNICEF di jersey mereka bukan karena menerima bayaran dari badan global tersebut, namun sebagai bukti bahwa klub tersebut mendukung UNICEF dalam komitmen mereka terhadap kesejahteraan anak-anak di seluruh dunia.

Rekomendasi tshirt Adidas ori!

Barcelona tidak memiliki sponsor jersey utama sampai tahun 2006, 107 tahun setelah berdirinya klub. Namun ketika mereka akhirnya memiliki sponsor, itu adalah UNICEF. Alih-alih menghasilkan pendapatan klub, kesepakatan tersebut justru bertujuan mengumpulkan dana untuk anak-anak.

Kesepakatan itu ditandatangani oleh Presiden Barcelona, Joan Laporta dan Direktur Eksekutif UNICEF, Ann M. Veneman. Pihak Blaugrana membayar sebesar 1,5 juta Euro untuk UNICEF sebagai bentuk donasi tahunan untuk anak-anak yang membutuhkan.

Lantas mengapa Barcelona dulu bisa melakukan hal yang semulia itu? Hal tersebut tak terlepas dari sejarah Barcelona. Sejak didirikan pada tahun 1899, Barcelona telah dikenal karena komitmennya di luar lapangan. Sesuai dengan motto mereka “Mes que un club” atau “Lebih dari sebuah klub”

Sejak awal berdirinya, Barcelona telah memiliki identitas sebagai klub yang peduli pada sosial. Salah satu contohnya di dunia jersey adalah penggunaan apparel lokal. Barcelona baru memakai apparel luar negeri pada tahun 1992. Saat itu Barcelona disponsori oleh apparel asal Italia, Kappa.

Sepatu sepakbola Mills ori di sini!

Kemudian di tahun 1998, Barcelona baru berpindah ke Nike. Namun sebelum memasuki masa-masa itu, Meyba adalah apparel yang digunakan oleh Barcelona. Blaugrana mengenakan jersey produksi perusahaan tekstil lokal tersebut sejak 1980.

Komitmen Barcelona juga seiring dengan keseriusan mereka dalam membangun akademi. La Masia yang dalam bahasa Catalan berarti ‘Rumah Pertanian’ didirikan untuk membantu klub membeli pemain dari klub lain dengan harga selangit. Akademi ini juga membantu komitmen Barcelona dalam menjadi klub yang lebih menekankan sosial daripada keuntungan finansial.

BACA JUGA:  Adidas Predator 30 Special Editon, Sepatu Jude Bellingham!

Lalu bagaimana dengan Barcelona dan UNICEF hari ini? Seperti yang kalian ketahui, logo UNICEF sudah tak terpampang di jersey Barcelona saat ini. Penandatanganan kerjasama dengan Qatar Sport Investment (QSI) selama lima tahun dari 2011 yang bernilai 30 juta euro per-tahun menjadi penyebab mengapa logo UNICEF tak ada lagi di bagian depan jersey Barcelona.

Tidak ada lagi logo UNICEF di jersey Barcelona. Logo yang sempat digeser ke belakang tersebut diganti oleh Komisioner Tinggi Perserikatan Bangsa-Bangsa untuk Pengungsi (UNHCR), sebuah organisasi internasional yang beroperasi di bawah naungan PBB.

Walau sudah tak ada lagi logo UNICEF di bagian depan jersey Barcelona, namun jersey dengan logo tersebut akan selalu terkenang dengan kedigdayaan Barcelona pada zamannya.

Sepatu Specs Bambang Pamungkas ori!

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.