Lima Fanpage Sepak Bola Paling Interaktif

Perbincangan sepak bola di media sosial Twitter amat ramai. Kejadian bisa cepat diberitakan. Cuplikan gol pertandingan Liga Inggris bisa cepat tersaji dengan bantuan aplikasi Vines yang dibagikan di linimasa. Inilah yang membuat sebagian orang lebih suka menyaksikan tayangan langsung pertandingan sepak bola sembari mengamati pergerakan linimasa.

Namun, ada sebagian besar masyarakat lainnya yang lebih mengakrabi Facebook. Mereka mencari informasi di media sosial milik Mark Zuckerberg ini, juga saling memberi komentar. Kolom komentar di Facebook tak kalah mengasyikkannya dibanding boks komentar media daring yang kerap berisi saling ejek, caci maki, dan lainnya.

Satu lagi yang menarik, admin fanpage ini biasanya ikut nimbrung dalam percakapan dari thread yang dia buat. Jadi, percakapannya dua arah dan mengasyikkan.

Sesekali juga ada postingan kiriman dari pembaca fanpage tersebut. Inilah percakapan dengan ruang yang lebih luas dibanding Twitter dan bisa bertahan berhari-hari.

1. Persib Bandung

1-Persib-Bandung

Fanpage Persib Bandung yang telah diverifikasi oleh Facebook ini memiliki jumlah pengikut sebanyak 6.490.138. Jumlah terbanyak dibandingkan akun milik klub sepak bola Indonesia lainnya.

Isi fanpage-nya amat beragam, mulai dari informasi terkini dan foto Persib, sampai sebagai media untuk mendekatkan klub dengan suporter, misalnya dengan membuat sayembara. Sedang berlangsung kini lomba foto Piala Presiden dengan hadiah total 60 juta rupiah.

Bobotoh pun bisa membeli merchandise Persib Bandung melalui akun ini dan adminnya dengan senang hati menjawab pertanyaan calon pembeli.

Klub lain yang juga mulai serius menggarap fanpage adalah rival Pangeran Biru, Persija Jakarta. Meski belum sebanyak Persib, tapi manajemennya cukup baik. Bahkan ada postingan mengenai klarifikasi Persija kepada salah satu media daring yang menggunakan nama Persija sebagai fanpage, sesuatu yang dianggap menyalahi aturan copyright.

Bali United yang meski belum banyak pengikut dan belum ada verifikasi tampak serius menggarap fanpage-nya pula. Semoga apa yang telah dilakukan oleh Persib dan Persija, maupun Bali United ini bisa ditiru oleh klub lainnya. Agar suporter bisa memperoleh informasi langsung dari klub, sekaligus sebagai sarana untuk berinteraksi antarsuporter.

BACA JUGA:  European Super League: Semua Tentang Uang

2. PSM Makassar Fansbook

2-PSM_Makassar_Fansbook

Ada banyak fanpage milik suporter yang memberitakan informasi mengenai klub kesayangan dan sebagai sarana diskusi oleh pendukungnya. Tapi, tak semuanya up to date dan bisa jadi interaksi yang hidup.

Salah satu yang bisa aktif mengabarkan dan interaktif itu adalah PSM Makassar Fansbook. Adminnya begitu antusias untuk memberikan kabar terbaru mengenai PSM kepada lebih dari 21 ribu pengikutnya. Jika ada informasi yang ditanggapi oleh pengikutnya, admin fanpage ini juga memberi tanggapan atau informasi lebih lanjut jika diperlukan.

Gaya humanis dan minimnya caci maki di fanpage ini rasanya membuatnya layak untuk diikuti oleh suporter PSM maupun pencinta sepak bola Indonesia yang ingin mengetahui informasi mengenai Juku Eja. Jika konsisten, fanpage ini akan terus tumbuh besar.

3. Milanisti Indonesia

Sebagai kelompok suporter klub luar negeri, Milanisti mewujudkannya dengan penuh totalitas. AC Milan yang bertanding di Tiongkok dalam laga eksibisi saja didatangi dan informasinya lengkap tersaji di fanpage-nya. Begitu pula dengan berita lain yang terkait dengan Milan. Tidak hanya dalam bentuk teks tapi juga foto dan meme.

Tak hanya itu, kemampuan menjalin hubungan erat di internal fanbase dan komunikasi yang baik di media sosial tampaknya membuat Milanisti Indonesia ini tetap eksis serta berkembang meski AC Milan sedang dalam upaya untuk bangkit dari keterpurukan.

Informasi terbaru dari fanpage ini adalah kerja sama Milanisti Indonesia dengan PT Adidas Indonesia untuk penjualan jersey AC Milan. Perusahaan sebesar Adidas yakin bekerja sama adalah salah satu bukti bahwa fanbase ini dikelola dengan benar dan serius.

4. Troll Football Indonesia

4-Troll_Football

Pengguna Twitter pasti akrab dengan akun Troll Football. Entah sama pengelolanya, punya relasi atau tidak, di Facebook ada fanpage yang bernama Troll Football Indonesia. Pengikutnya lebih dari 37 ribu dan update-nya cepat setiap harinya.

BACA JUGA:  Karena Sepak Bola Pengubah Mood Paling Manjur

Dengan gaya menyentil pendukung berbagai klub dan mencoba mencari pandangan lain tentang sepak bola dengan meme, fanpage ini mampu menarik like dan komentar dari banyak orang. Adminnya pun aktif nimbrung dalam percakapan. Tidak hanya posting hasil karya sendiri, Troll Football Indonesia ini juga menerima kiriman meme dari pengikutnya.

5. Cocomeo News, 9 September 2010

5-Cocomeo_News

Tidak lengkap rasanya membicarakan fanpage sepak bola berbahasa Indonesia tanpa memasukkan Cocomeo News. Ada banyak informasi yang disampaikan yang tak ada di media massa arus utama. Tapi, tentu tak semua informasi bisa langsung diyakini sebagai seratus persen benar, seperti ketika sang empunya fanpage bercerita tentang mafia.

Bagaimanapun, Cocomeo News tetap jadi rujukan yang asyik. Lebih menyenangkan lagi, pengikutnya sering andil memberi tambahan informasi.

Seperti ketika Erwiyantoro, admin Cocomeo News, bercerita tentang almarhum Suharno, di kolom komentar ada pembaca yang menambahkan informasi dan foto-foto lawas, sesuatu yang jarang ditemui di tempat lain tentunya.

Di sini pula sering ada jawaban dari “misteri” sepak bola Indonesia. Ketika ada orang berinisial BS menjadi whistleblower mafia sepak bola, dengan cepat kita temukan siapa jatidiri BS tersebut yang tak dijelaskan di media massa.

Tapi, sekali lagi, apa yang ada di fanpage ini bisa saja benar seratus persen tapi bisa juga tidak. Meski begitu, setidaknya fanpage ini dikelola oleh wartawan senior yang telah puluhan tahun meliput olahraga, terutama sepak bola, di Indonesia.

Itulah lima fanpage sepak bola pilihan yang paling interaktif di Facebook. Tak ada salahnya anda coba untuk melihatnya dan coba mengikutinya.

Anda punya fanpage lain yang menurut anda bagus? Silakan berbagai di sini.

Komentar
Akrab dengan dunia penulisan, penelitian, serta kajian populer. Pribadi yang tertarik untuk belajar berbagai hal baru ini juga menikmati segala seluk beluk sepak bola baik di tingkat lokal maupun internasional.