Nasib Nike: Kehilangan Manchester United Sama dengan Kehilangan Messi!

Nike Manchester United. (bleacherreport.net)
Nike Manchester United. (bleacherreport.net)

Di era 2000-an, Nike pernah kehilangan Messi yang berpaling ke Adidas. Namun siapa sangka? Di tahun 2010-an ke atas, Nike kehilangan lagi salah satu klien terbesarnya di dunia sepakbola, yakni Manchester United.

Di dalam dunia bisnis, sepakbola adalah salah satu tambang emas terbesar dalam olahraga di seluruh dunia. Permainan ini terus menjadi olahraga yang sangat populer dengan lebih dari 3,5 miliar penggemar yang mendukungnya.

Rekomendasi sepatu sepakbola Adidas ori!

Dengan begitu, bisnis apparel yang memiliki klien dengan basis penggemar yang banyak tentu akan sangat menguntungkan. Dan oleh sebab itu, kepergian Manchester United sebagai salah satu klub dengan basis fans terbanyak di dunia memberikan dampak yang besar bagi Nike.

Selama era 2000-an, Nike telah mendapat banyak sekali keuntungan dari Manchester United sebagai klub yang paling banyak diikuti. Terlebih lagi prestasi mereka sedang bagus-bagusnya bersama pelatih legendaris Setan Merah, Sir Alex Ferguson.

Setelah Ferguson pergi, performa Manchester United terus menurun. Walau demikian, Manchester United tidak kehilangan pesonanya sebagai salah satu klub yang paling banyak diikuti, mulai dari penggemarnya, fans netral, hingga para penikmat sepakbola yang tidak menyukai klub ini.

Pada tahun 2014, insiden yang sama seperti waktu Nike kehilangan Messi di 2006 terulang kembali. Kali ini apparel asal Amerika Serikat tersebut harus merelakan kepergian Manchester United ke sang rival, Adidas.

Sepatu futsal Mills ori di sini!

Kesepakatan sekitar 750 juta poundsterling selama 10 tahun sulit untuk ditolak manajemen Setan Merah. Keadaan semakin sulit bagi Nike karena waktu itu Adidas sedang adidaya. Merek asal Jerman ini mendapat peningkatan dari Timnas Der Panzer yang menjuarai Piala Dunia 2014. Selain itu, merek yang dipakai Argentina sebagai lawannya Jerman pun juga Adidas.

BACA JUGA:  Hikayat Luke Shaw dan Cedera yang Menghantui

Mirip dengan kehilangan Lionel Messi, perjanjian Nike dengan Manchester United tidak berakhir dengan baik. Pihak Nike waktu itu menilai permintaan nilai kontrak yang tidak masuk akal dari Manchester United.

Walau demikian, Nike telah mengukir kisah sukses dengan Manchester United. Dengan 12 tahun kerja sama-nya, Nike bersama Manchester United telah memenangkan lima gelar Premier League dan satu Liga Champions.

Kira-kira, kalau Adidas kapan ya mengukir kisah suksesnya dengan Manchester United?

Cari sepatu sepakbola Ortus ori? Klik di sini!

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.