Arkadiusz Milik, Obat Sakit Hati Publik San Paolo

Performa Gonzalo Higuain yang nyetel bersama Napoli musim lalu tak ayal membuat Juventus kepincut. Proses transfer yang sempat menjadi saga tersebut berakhir dengan kekecewaan untuk publik San Paolo. Higuain menerima pinangan Si Nyonya Tua.

Hengkangnya striker asal Argentina tersebut ke Turin dengan mahar 94 juta euro merupakan kali kedua Juventus terlibat dalam transfer dengan jumlah uang yang besar pada musim panas ini.

Selain melunasi mahar Higuain, Juventus menerima guyuran dana yang melimpah setelah melepas Paul Pogba ke Manchester United dengan banderol di kisaran 105 juta euro. Sebagai catatan, terakhir kali Juventus menggelontorkan uang dengan nominal yang besar di bursa transfer adalah saat mendatangkan Gianluigi Buffon, Lilian Thuram, dan Pavel Nedved.

Gelontoran uang dari Juventus sebagai tebusan release clause membuat Napoli dengan berat hati terpaksa melepas Gonzalo Higuain. Mencetak 36 gol dalam 35 penampilan di Serie A musim lalu membuat Higuain menjadi top skor klub sekaligus memecahkan catatan jumlah gol terbanyak dalam satu musim di Serie A.

Rekor sebelumnya dipegang oleh Gunnar Nordahl, striker AC Milan, yang mencetak 35 gol pada musim 1949/1950. Rekor striker asal Swedia tersebut bertahan selama 66 tahun sebelum dipecahkan oleh Higuain.

Hengkangnya Higuain membuat Napoli kehilangan juru gedor utama yang minimal menyumbang 24 gol dalam satu musim selama 3 tahun pengabdiannya. Tak hanya itu, kepergian Higuain juga meninggalkan luka bagi suporter Il Partenopei yang harus melihat sang pemain pujaan hati membelot ke klub rival.

Kemarahan suporter Napoli ditunjukkan dengan membakar jersey Higuain hingga ada yang membuangnya ke dalam kloset.

Salah satu suporter Napoli membuang jersey Higuain ke dalam kloset karena kecewa

BACA JUGA:  Mengapa AS Roma Mendatangkan Banyak Bek?

Namun, kini publik Napoli secara bertahap mulai bisa melupakan Gonzalo Higuain. Mereka punya pujaan hati baru di lini depan dalam sosok Arkadiusz Milik. Didatangkan dari Ajax Amsterdam dengan mahar 32 juta euro, Milik perlahan-lahan mampu menghapus luka yang ditinggalkan Higuain.

Hanya bermain 37 menit saat Napoli ditahan imbang Pescara, Milik berhasil menyarangkan 2 gol ke gawang Gianluigi Donnarumma saat menjamu AC Milan di San Paolo pada pertandingan keduanya berseragam Napoli.

Tiga pertandingan setelahnya, giliran Bologna yang ia hajar. Di panggung Eropa, Dynamo Kiev dan Benfica juga tak luput dari sasaran tembaknya.

Tercatat Milik sudah mencetak 7 gol, 1 asis, rata-rata 2,5 tembakan per pertandingan, dan 1 umpan kunci per pertandingan dari 8 penampilan bersama Napoli dangan 3 kali membuat brace alias dwi gol dalam satu pertandingan. Catatan yang tidak terlalu buruk untuk pemain baru.

Bila dibandingkan dengan Higuain yang baru mencetak 5 gol dari 8 pertandingannya bersama Juventus, torehan Milik saat ini masih lebih apik.

Bahkan, Milik sempat melampaui capaian Higuain yang hanya mencatatkan 4 gol dalam 5 pertandingan awalnya bersama Napoli. Milik sendiri berhasil 6 kali mencatatkan namanya di papan skor dengan jumlah pertandingan yang sama.

Catatan impresif Milik di awal musim ini bersama Napoli yang bahkan lebih bagus ketimbang Higuain (Opta Paolo)

Penampilan impresif Milik membuat seorang kiper senior sekaligus kompatriotnya di Napoli, Pepe Reina, angkat bicara. Menurutnya, Milik bisa saja menyamai torehan prestasi striker andalan yang juga duetnya di tim nasional Polandia, Robert Lewandowski. Hanya saja, Milik masih butuh waktu untuk mencapai level tersebut.

“Lewandowski memang mempunyai pengalaman yang lebih dan telah memenangi lebih banyak gelar. Tetapi Milik mempunyai masa depan yang cerah dan saya yakin ia segera menjadi pemain kunci,” ujarnya dalam wawancara yang dimuat di laman UEFA.

BACA JUGA:  Dua Dekade sejak Fortunato Pergi

Kiper asal Spanyol tersebut melanjutkan, “Memang tidak akan mudah, tetapi ia memiliki potensi untuk itu. Ketika ia mencapai kematangan pada umur 25 atau 26 tahun, kita akan lihat apa yang bisa ia lakukan. Saya yakin ia akan memilki karier yang fantastis.”

Bahkan, pelatih Lewandowski di Bayern Munchen, Carlo Ancelotti, turut memuji kebijakan transfer Napoli yang mendatangkan striker berusia 22 tahun tersebut.

“Lewandowski kerap memuji Milik. Napoli mendapat 90 juta euro saat melepas Higuain untuk mendatangkan Milik. Ini kebijakan transfer yang positif bagi mereka,” tuturnya dalam sebuah wawancara dengan Italian TV.

Arkadiusz Milik telah menunjukkan penampilan impresif di awal pengabdiannya bagi Napoli. Namun, akankah ia akan selamanya menjadi pelipur lara bagi Napoli? Atau hanya obat sakit hati sementara bagi publik San Paolo?

Atau malah akan menyusul Higuain dengan membelot ke klub rival? Menarik ditunggu kiprah pemuda Polandia ini dalam mengarungi Serie A Italia.

 

Komentar
Pendukung Persiba Bantul dengan akun twitter @AndhikaGila_ng