Elkan Baggott Tampil Gemilang, Gillingham Menang

Elkan Baggott saat merayakan kemenangan timnya melawan Brentford (twitter.com/TheGillsFC)
Elkan Baggott saat merayakan kemenangan timnya melawan Brentford (twitter.com/TheGillsFC)

Elkan Baggott tampil gemilang pada babak ketiga Piala Liga 2022/2023 saat menghadapi Brentford, (8/11). Pemain Timnas Indonesia itu berhasil membantu Gillingham menang 6-5 lewat babak adu penalti melawan tim berjuluk The Bees tersebut. Hasil ini membuat Elkan Baggott kembali mencatatkan rekor baru dan membawa The Gills lolos ke babak berikutnya.

Statistik permainan Elkan

Dalam skema 4-5-1 yang diterapkan oleh Neil Harris, pelatih Gillingham FC, Elkan diplot sebagai bek tengah mendampingi Will Wright. Pemain bertinggi 194 cm itu menjalani tugas yang tidak mudah karena harus mengawal Ivan Toney, striker Brentford yang tengah ganas-ganasnya di Liga Inggris musim ini. Ditambah, Brentford memegang penuh kendali permainan dengan 81% penguasaan bola, melakukan 16 kali tembakan dan memperoleh 14 kali sepakan pojok.

Di menit ke-3 pertahanan yang dikomandoi Elkan Baggott harus jebol oleh tendangan Ivan Toney yang memanfaatkan umpan Mikkel Damsgaard yang lolos dari jebakan offside. Setelah gol tersebut Elkan Baggott dkk tidak goyah dan akhirnya berhasil membalas gol di menit ke-75 lewat gol Mikael Mandron.

Penampilan solid pemain berusia 20 tahun itu membuat Brentford hanya bisa mencetak satu gol hingga waktu normal berakhir. Pada laga kali ini, Elkan juga menjadi salah satu pemain tersibuk menurut data dari sofascore dan whoscored. Pemain bernomor punggung 23 ini menjadi pemain terbanyak keempat menyentuh bola (27), melakukan 9 clearance, membuat satu intersep, melakukan satu blok dan melakukan 4 kali duel udara.

Selain bertahan, Elkan juga mencoba turut serta membangun serangan. Ia tercatat melakukan 3 kali percobaan umpan jarak jauh ke depan.

BACA JUGA:  Yoga Sepakbola

Rekor baru Baggott

Elkan Baggott tak henti-hentinya menorehkan rekor baru. Sebelumnya, Elkan menorehkan rekor sebagai pemain profesional Indonesia pertama yang bermain di League One dan mencetak gol di League Two, Inggris. Terbaru, ia kembali membuat sejarah sebagai pemain Indonesia pertama yang tampil di Piala FA dan Piala Liga atau Carabao Cup.

Menemukan penampilan terbaik bersama Gillingham FC

Pada 8 Juli 2022, Ipswich Town resmi meminjamkan Elkan Baggott ke klub League Two atau divisi keempat Liga Inggris, Gillingham FC selama satu musim hingga Mei 2023 mendatang. Alasan utamanya adalah agar Elkan lebih berkembang dan mendapatkan menit bermain yang lebih.

Peminjaman tersebut sejauh ini berjalan positif. Dulu selama di Ipswich, Elkan hanya bermain di 7 pertandingan saja. Sementara belum ada setengah musim di Gillingham, Elkan Baggott sudah bermain di 21 laga dan sudah mencetak 2 gol di semua kompetisi.

Selain memberi menit bermain yang cukup banyak di League Two, Neil Harris, pelatih The Gills, juga memberi kepercayaan penuh pada Elkan untuk bermain di 3 laga Carabao Cup dan 1 laga Piala FA. Dan ketika pemain berusia 20 tahun itu bermain, Gillingham selalu menang dan mampu lolos ke babak selanjutnya.

Namun di level liga, Elkan Baggott tidak bisa berbuat banyak bagi Gillingham FC. Pasalnya hingga pekan ke-17 League Two, Gillingham City masih berada di peringkat 22 dari 24 peserta dan baru memperoleh 2 kemenangan dari 16 laga.

BACA JUGA:  Claudia Scheunemann: Pencetak Gol Timnas Putri di Piala AFF U-18 2022

Jalan pemain kelahiran Bangkok, 23 Oktober 2002 itu tentu masih panjang. Ada banyak laga yang perlu ia jalani untuk semakin membuatnya matang sebagai seorang bek yang handal. Maju Terus Elkan!

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara