5 Catatan Menarik Belanda vs Amerika Serikat, Denzel Dumfries Jadi Bintang

Pemain Belanda merayakan gol ke gawang Amerika Serikat (skysports.com)
Pemain Belanda merayakan gol ke gawang Amerika Serikat (skysports.com)

Belanda berhasil menaklukan Amerika Serikat dengan skor 3-1 di babak 16 besar Piala Dunia 2022. Tiga gol belanda dicetak oleh Memphis Depay, Daley Blind dan Dumfries. Sementara gol semata wayang The Yanks dicetak oleh Haji Wright. Hasil ini membuat De Oranje melaju ke babak delapan besar Piala Dunia untuk kali ketujuh sepanjang keikutsertaanya. 

Laga kali ini juga menyuguhkan beberapa catatan menarik, berikut adalah 5 di antaranya.

1. Amerika Serikat dominan tapi minim kreativitas

Anak asuh Gregg Berhalter sebetulnya selama 90 menit berhasil mendominasi jalannya laga. Amerika menguasai 58% penguasaan bola, melesahkan 15 tembakan, 49 kali memasuki final third pertahanan Belanda tapi mereka hanya bisa mencetak satu gol. Akar masalah dari The Yanks adalah minimnya kreativitas ketika memasuki area pertahanan lawan dan sering salah dalam final pass dan juga error pass sebanyak 161 kali. 

2. Belanda main simpel dan efektif

Menghadapi Amerika Serikat yang penuh determinasi, Louis Van Gaal dengan cerdik memutuskan bermain pragmatis. Para pemain Belanda lebih banyak menunggu, melakukan pressing di area tengah dan melakukan serangan balik cepat. Seperti saat gol pertama Depay di menit ke-10, Belanda hanya butuh 20 operan untuk untuk bisa menjebol gawang Matt Turner.  

3. Pertahanan Amerika di porak-porandakan sayap-sayap Belanda

Pertahanan Amerika yang dikenal kokoh selama fase grup, ternyata hancur lebur ketika menghadapi kecepatan dan positioning jitu para sayap Belanda. Terbukti, semua gol Belanda bermula dari sektor sayap lewat kontribusi besar duet Dumfries dan Daley Blind. Dalam laga ini, kombinasi keduanya total berhasil menorehkan 3 asis dan 2 gol. (Dumfries: 1 gol dan 2 asis dan Blind: 1 gol dan 1 asis). Selain itu kedunya juga menjadi pemain yang paling banyak menyentuh bola bagi Belanda di laga kali ini (127 sentuhan).

BACA JUGA:  Yoga Sepakbola

4. Rekor apik Van Gaal bersama De Oranje terus berlanjut

https://twitter.com/brfootball/status/1599090070270578688?s=20&t=T0LbRaY8XKjlNM_nHIydLA

Kemenangan atas Amerika Serikat membuat rapot positif Van Gaal bersama De Oranje terus berlanjut. Pertama Van Gaal berhasil mencatatkan 11 laga tanpa kalah di Piala Dunia selama menahkodai tim ini. Mantan pelatih Manchester United ini juga melanjutkan rekor tidak pernah kalah Belanda dari tim non-Eropa sebanyak 20 laga.

5. Panggung sempurna untuk Denzel Dumfries

https://twitter.com/Squawka/status/1599081820267712512?s=20&t=T0LbRaY8XKjlNM_nHIydLA

Pemain Inter Milan ini berhasil menjadi bintang pada laga kali ini. 2 asis dan 1 golnya sudah cukup membuktikan betapa tajamnya ia ketika diberi ruang untuk menyerang. Dalam laga ini dia membuat dua rekor sekaligus, pertama, menjadi pemain perdana di Piala Dunia 2022 yang terlibat dalam 3 gol. Kedua, ia menyamai raihan Rob Rensenbrink dan Johan Cruyff sebagai pemain yang mampu terlibat dalam 3 gol dalam satu pertandingan.

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara