Empat Situsweb Terbaik Klub Indonesia

Era sepak bola modern memunculkan pertarungan tak hanya terjadi di dalam lapangan tetapi juga di luar lapangan. Baik itu dari segi bisnis, komersial hingga hal lain yang dapat menaikkan pemasukan untuk mengelola klub.

Situsweb merupakan salah satu wadah komunikasi yang digunakan tim sepak bola untuk lebih mendekatkan diri kepada pendukung. Situsweb juga menjadi salah satu indikasi yang menunjukkan profesionalisme pengelolaan klub.

Beberapa klub juga menggunakan situsweb sebagai media promosi berkaitan dengan beberapa brand yang menjadi rekan bisnis mereka. Di Indonesia sudah ada beberapa klub yang serius memaksimalkan fungsi situsweb. Berikut ini empat situsweb resmi milik klub yang kami anggap paling baik dan bisa jadi contoh bagi klub lain.

1. Bali United (www.baliutd.com)

Klub berjuluk Serdadu Tridatu ini memiliki situsweb dengan konsep desain yang modern, yakni responsive design. Pemilihan warna yang elegan dibarengi dengan fitur yang memanjakan pengunjungnya. Tampilan yang tentunya memudahkan Semeton Dewata –suporter Bali United—untuk mengakses situsweb klub kebanggaannya.

Di bagian atas seperti struktur situsweb pada umumnya, Bali United menggunakan navigasi menu. Yang paling menarik perhatian terletak di bagian slider.

Bali United cukup cerdik dalam menggunakan slider yang biasanya diisi oleh berita, digantikan dengan foto para pemain dengan ekspresi beragam dibumbui dengan sentuhan desain yang cocok. Mungkin ini salah satu tujuan dari manajemen untuk membuat fans merasa bergairah ketika pertama kali membuka situsweb Bali United serta membuat situsweb terlihat profesional.

Di sisi lain tim yang dilatih Indra Sjafri ini juga menampilkan beberapa fitur yang menjadi nilai plus dari situswebnya. Mereka cukup concern dengan dukungan suporter sehingga dibuatkan forum untuk berdiskusi. Dengan adanya forum seperti ini, jarak antara suporter dan klub rasanya tak ada lagi penghalang.

BACA JUGA:  Mengenang Achmad Kurniawan

Untuk urusan profil tim Bali United juga tidak ketinggalan. Mereka memberikan fitur khusus untuk menampilkan profil pribadi para oficial tim berdasarkan posisi mereka.

Hanya saja di bagian ini belum dilengkapi statistik dari masing-masing pemain. Jika saja dilengkapi dengan data tersebut mungkin saja Semeton Dewata semakin betah ketika berselantar di baliutd.com.

2. Arema Cronus (aremafc.com)

Sesuai dengan warna utama dari Arema, situsweb ini didominasi dengan warna biru. Komposisi warna yang digunakan sangat baik sehingga situsweb terlihat colorful. Situsweb ofisial Arema juga sudah responsive design sehingga dapat diakses oleh perangkat elektronik apa pun.

Kekuatan dari situsweb ini terletak pada latar belakang yang dihiasi para Aremania. Meski resikonya area untuk menambah konten jadi terbatas.

Seperti halnya Bali United, Arema juga menampilkan profil pemain mereka. Bahkan mereka sekilas menampilkannya di halaman utama. Tapi, profilnya hanya berupa foto tidak dengan biodata lengkap pemain.

Ada beberapa fitur di bagian navigasi yang masih belum berjalan dengan baik, seperti “Di Balik Tribun” dan “Event”. Fitur ini sebenarnya dapat menarik minat banyak fans apabila dikembangkan lebih baik lagi. Seperti halnya simamaung.com yang memberikan fitur bagi Bobotoh bernama “Arena Bobotoh” yang menyajikan tulisan dari para suporter.

Secara keseluruhan fungsi situsweb Arema sendiri lebih fokus mengutamakan konten berita sebagai suguhan utamanya.

3. Persija Jakarta (persija.co.id)

Meskipun prestasi tim ibukota ini sedang menurun, namun situsweb mereka mesti mendapat perhatian. Pasalnya, situsweb Persija memilki kelebihan dalam beberapa aspek.

Struktur situsweb yang digunakaan terlihat tidak membosankan. Grid-grid diatur sedemikian rapi sesuai dengan fitur yang ditawarkan. Pada bagian kolom berita, transparansi warna yang digunakan sangat baik sehingga membuat situsweb tampak elegan.

Bagian paling memuaskan Jakmania pastinya fitur Persija Store. Jakmania kini hanya cukup melihat via layar komputer atau telepon pintar mereka masing-masing jika ingin mengecek koleksi atau atribut terbaru dari Macan Kemayoran. Sebuah cara yang bagus untuk meningkatkan engagement dengan para pendukung.

BACA JUGA:  Pemain Muda dan Pilihan Hidup AS Monaco di Tanah Para Jutawan

Selain itu forum diskusi juga disediakan untuk menjadi wadah suporter menyampaikan opini baik saran maupun kritik.

4. Persib Bandung (www.persib.co.id)

Secara desain, situsweb ini terlihat sederhana bagi klub sebesar Persib. Jawara Piala Presiden itu memiliki kesamaan dengan Arema yang mengisi bagian latar belakang dengan foto ikon kebanggan klub.

Dari sisi typography di situsweb ini tidak terlalu istimewa. Hanya saja, mereka sangat aware terhadap fungsi dan tujuan dari situsweb itu sendiri. Buktinya adalah sangat padatnya konten yang nyaris memenuhi seluruh area situsweb.

Berbagai rubrik mengenai informasi seputar Persib dari berbagai sisi ditampilkan. Dengan tujuan memuaskan dahaga bobotoh yang ingin mencari berita terhangat Maung Bandung.

Di atas footer, ditampilkan statistik dari klub beserta daftar top skor. Andai saja bagian ini terus diupdate sesuai perkembangan terkini mungkin saja traffic rank dari situsweb Persib bisa semakin ramai.

Sama halnya seperti Bali United, situsweb ini juga menampilkan info pribadi beserta statistik per musim dari tiap pemain. Ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari klub terhadap para pemainnya yang sudah berusaha menampilkan performa terbaik di lapangan.

Di luar daftar klub ini sebenarnya masih banyak situsweb klub di Indonesia yang sudah menggunakan situsweb. Sebut saja Persipura Jayapura, PSS Sleman, maupun Sriwijaya FC yang juga concern menjaga hubungan dengan para fans mereka melalui media digital.

Tak ada salahnya jika kita berharap suatu hari nanti klub-klub di Indonesia semakin dikenal oleh publik baik nasional maupun internasional lewat sebuah jaringan informasi bernama situsweb.

 

Komentar
Mahasiswa jurusan Teknik Informatika. Terlahir sebagai fans Liverpool, berkat dukungan moral sang ayah.