Jersey Pertama Nike di Eropa: Sunderland hingga Manchester United!

MANCHESTER, ENGLAND - APRIL 23: David Beckham celebrates scoring the third goal against Real Madrid during the UEFA Champions League Quarter Final, Second Leg match between Manchester United FC v Real Madrid at Old Trafford on April 22, 2003 in Manchester, England. (Photo by Matthew Peters/Manchester United via Getty Images)

Kalau kemarin kita sudah bahas soal bagaimana Nike memasuki dunia sepatu sepakbola, sekarang kita bakal mengulas tentang sepak terjangnya di dunia jersey sepakbola.

Sepatu futsal Mills ori di sini!

Jika Nike mengawali start yang kurang baik di sepatu sepakbola, maka hal itu tidak terjadi di produksi jersey mereka. Walau demikian, Nike tidak langsung masuk ke dunia profesional sepakbola hingga tahun 1978.

Tahun tersebut menjadi awal Nike masuk ke dunia profesional dalam bidang produksi jersey sepakbola. Nike bekerja sama dengan klub sepakbola Amerika, Portland Timbers, dengan durasi kontrak selama dua tahun.

Empat tahun berselang, Nike mendapatkan momentum emas untuk memperlebar sayapnya hingga ke Eropa. Bertepatan dengan para pemain Aston Villa yang menjuarai European Cup dengan sepatu Nike sebagai alas kaki mereka, produsen apparel yang didirikan oleh Phil Knight dan Bill Bowerman itu menjadi sponsor Sunderland.

Sepatu sepakbola Mills ori di sini!

Sunderland menjadi tim Eropa pertama yang menggunakan Nike sebagai sponsor apparel jersey mereka. Selain Sunderland, Nike juga mendapatkan jasa Ian Rush sebagai ‘big player’ yang pertama kali menjadi brand ambassador mereka.

Pencapaian Nike di dunia sepakbola internasional terjadi pada 5 Desember 1996. Di mana mereka berhasil mencapai kesepakatan untuk menjadi penyuplai jersey salah satu timnas terbaik kala itu, Brasil. Jersey Nike kemudian dikenakan oleh tim Samba di tahun berikutnya, bersamaan juga dengan Portugal yang sudah mulai beralih ke Nike.

Salah satu titik puncak pencapaian Nike yang selanjutnya terjadi pada tahun 2002. Di tahun bersejarah ini mereka berhasil deal dengan salah satu klub terbaik di dunia pada masa itu, Manchester United. Sebuah kesepakatan mutualisme bagi kedua belah pihak hingga tahun 2014.

BACA JUGA:  Argentina Remake Jersey Away Piala Dunia 1994

Sampai saat ini, Nike menjadi salah satu apparel terbesar yang menjadi sponsor dari berbagai klub dan tim nasional. Walau demikian, pesaing Nike di dunia apparel sepakbola saat ini bukan hanya Adidas. Melainkan banyak pesaing baru seperti New Balance yang sudah mulai merambah ke dunia apparel sepakbola. Bahkan Skechers pun juga sudah mulai menjajalnya tahun ini.

Lantas seperti apa strategi yang dibutuhkan Nike untuk bisa menjadi pemenang dalam persaingan bisnis apparel di dunia sepakbola?

Produk Specs ori hanya di sini!

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.