Lolos 8 Besar Piala Asia Futsal 2022, Timnas Indonesia Catatkan Sejarah

Timnas Futsal Indonesia
Timnas Futsal Indonesia (instagram.com/federasifutsal_id))

Timnas Futsal Indonesia mencatatkan sejarah baru di ajang Piala Asia Futsal 2022 dengan lolos ke fase delapan besar untuk kali pertama. Hasil itu didapat setelah Skuad Garuda mengalahkan China Taipei 4-1 pada laga ketiga Grup C yang berlangsung di Saad Al Abdullah Hall, Kuwait, Selasa (2/10). Hasil ini membuat Skuad Garuda duduk sebagai runner-up grup dengan enam poin dari tiga kali bermain.

Indonesia sendiri selama sembilan kali keikutsertaannya dalam Piala Asia Futsal belum pernah sekalipun lolos dari fase grup dan bermain di babak delapan besar. Tentu capaian ini terasa spesial karena skuad Timnas Futsal Indonesia sekarang tidak diperkuat banyak pilar terbaiknya. Namun berkat tangan dingin, Coach Mohammad Hashemzadeh, ternyata mampu membuat tim yang dalam kondisi terbatas ini tampil solid dan bahkan bisa lolos dari fase grup.

Sauqy Saud Lubis dan kolega sebetulnya mengawali laga perdana pada turnamen dua tahunan ini dengan hasil yang tidak baik. Mereka dihajar oleh raksasa futsal Asia, Iran, dengan skor telak 5-0. Perbedaan kualitas pemain, pengalaman, dan taktik menjadi pembelajaran berharga bagi Timnas Futsal Indonesia pada laga itu.

Beruntungnya mental Skuad Garuda tidak goyah. Mereka mampu bangkit di laga kedua saat bersua Lebanon. Tujuh pemain Indonesia mampu melesakkan gol ke gawang Lebanon dan hanya di balas dua gol oleh pemain Lebanon. Kemenangan ini sontak membangkitkan semangat para pemain untuk lolos ke babak berikutnya.

Kemudian di laga ketiga atau penentuan melawan China Taipei, Indonesia kembali tampil apik. Kali ini mereka mampu membungkam Timnas Futsal China Taipei dengan skor 4-1 melalui hattrick Muhammad Fajriyan dan satu gol Syauqi Saud Lubis.

Muhammad Nizar dkk. akan menjalani laga delapan besar pada hari Selasa (4/10).  Timnas Futsal Indonesia akan menghadapi juara Grup D, Jepang. Meskipun lawan kali ini tidak mudah, tapi bukan berarti tidak bisa dikalahkan. Jika nantinya kembali menang dan lolos ke semifinal, Indonesia akan kembali mencatatkan sejarah baru.

Komentar
BACA JUGA:  PSSI Jangan Malas!
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara