Menelusuri Jalan Panjang Pengembangan Akademi Sepak Bola Jerman

  • mono13th

    Kinerja Indra Sjafri saja tidak diperhatikan, dimana beliau scouting sendiri ke daerah-daerah

  • oling

    Sedikit masukan untuk PSSI atau Pemerintah, entah didenger atau tidak terserah kalian. Dengan letak geografis Indonesia yg luas ada baiknya kita mencontoh apa yg dilakukan Jerman,Belgia,Jepang. Beri pelatihan kepada pelatih2 di indo. Buka sekolah kepelatihan sepakbola yg memadukan sport science. Wajibkan semua klub dari berbagai daerah serta jenjang divisi memiliki AKADEMI bukan SSB, karena akademi bersifat terstruktur. Bantu para klub dengan dana dari PSSI lewat sponsor Pemerintah. Jangan lupa buat kurikulum pemahaman sepak bola dengan gaya main yang terpola sehingga dari kecil gaya main dan karakter setiap pemain akan terbentuk dengan sendirinya. Jangan berfokus pada Industrialisasi sepak bola jika karakter bermain/fondasi saja masih bingung mau bagaimana. Mungkin 20thn yg akan datang kita tidak akan kesulitan memilih pemain serta gaya main apa yg akan diterapkan untuk Timnas

  • VoorMan

    butuh banyak pelatih yang paham taktik modern, biar dari muda pemain indonesia ga cuma mengagungkan skill individu saja.
    ngelirik thailand punya kiatisuk,
    ngelirik Jerman punya abang Nagelsmann,…

  • Fajar Satria

    Aff 2016 bisa menjadi pembelajaran dan titik balik kita untuk mengembangkan sepak bola di indonesia dimana persiapan yg hanya satu setengah bulan lebih kurang bisa mencapai final dengan mengalahkan lawan” yang bisa dibilang tergolong hebat dimana pembinaan dan pengembangan pemain mudanya tergolong lebih bagus daripada indonesia. Bayangkan jika indonesia mau melakukan hal seperti yang dilakukan oleh jerman dimana mereka melakukan counter setelah kekalahan di piala dunia 1998 dan hasilnnya bisa dilihat 16 tahun kemudian di tahun 2014 dengan menjuarai piala dunia. Jika melakukan pembinaan usia dini sejak sekarang mungkin kita bisa melihatnnya 10 tahun ke depan dimana di piala dunia 2026 kita bisa melihat indonesia mengikuti piala dunia ” Amin Amin :D”. Contohlah negara Qatar yang telah melakukan pembinaan pemain muda dibawah usia 10 tahun semenjak tahun 2012 untuk menghadapi piala dunia 2022.