5 Pemain Krusial yang Membawa Maroko ke Semifinal Piala Dunia 2022

Satu dari 5 pemain krusial Maroko, kiper Yassine Bounou.
Satu dari 5 pemain krusial Maroko, kiper Yassine Bounou. (hitc.com)

Di balik suksesnya Maroko menjadi tim Afrika pertama yang berhasil lolos ke semifinal Piala Dunia, ada beberapa pemain krusial yang hampir selalu bermain konsisten di setiap laga. Lantas, siapa saja mereka? Berikut 5 di antaranya:

1. Yassine Bounou

Tidak bisa tidak, Bounou adalah pemain yang memiliki peran paling krusial atas kesuksesan Maroko melenggang ke semifinal. Bounou sukses menjadi pahlawan kemenangan Maroko setelah tampil solid di pertandingan pertama fase gugur melawan Spanyol.

Ia berhasil menebak semua arah tendangan dari para eksekutor Spanyol dan mengakhiri laga dengan 2 tepisan serta 1 percobaan Spanyol yang membentur tiang gawang. Dalam waktu normal 90 menit, Bounou juga tampil meyakinkan.

Kiper Sevilla tersebut baru kebobolan satu kali dari 4 pertandingan yang ia lakoni di Qatar. Bounou juga sukses mengemas 3 kali cleansheet dari jumlah laga yang ia mainkan tersebut.

2. Sofyan Amrabat

Sofyan Amrabat adalah jenderal lini tengah Maroko yang berhasil mencuri perhatian lewat permainannya yang disiplin, solid, dan kokoh. Salah satu pertandingan terbaiknya pada saat melawan Spanyol di babak 16 besar. Ia berulang kali mematahkan build up yang sudah susah payah dibangun oleh Spanyol.

Pada pertandingan berikutnya, konsistensinya menuntun Amrabat tampil solid lewat 100% tekel sukses versus Portugal. Sejauh ini, ia juga menjadi pemain Maroko yang paling sibuk dengan 59,3 km total jarak lari.

3. Youssef En-Nesyri

Sebuah tim jawara tidak tampil tanpa seorang bomber, dan Maroko memiliki sosok itu di dalam diri Youssef En-Nesyri. Pemain yang lahir dari program pendidikan sepakbola Maroko ‘The Academie Mohammed VI de football’ itu sementara ini telah mencetak 2 gol.

Total ia telah mencetak 3 gol selama Piala Dunia jika ditambah 1 golnya saat di Rusia pada 2018. Satu golnya yang paling penting tatkala melawan Portugal memanfaatkan kesalahan dari kiper Diogo Costa.

BACA JUGA:  Pembungkaman Jerman oleh Jepang

Nesyri mencetak gol indah melalui sundulannya dengan melakukan lompatan hingga 2,78 m. Catatan itu hampir menyamai rekor lompatan tertinggi Cristiano Ronaldo dengan 2,93 m saat pertandingan leg pertama Liga Champions 2012/13 antara Real Madrid vs Manchester United.

4. Achraf Hakimi

Hakimi menunjukkan kelasnya sebagai salah satu bek sayap kanan terbaik di Piala Dunia Qatar 2022. Selain dengan catatan 1 asisnya, ia juga tampil konsisten dari 5 pertandingan yang sudah ia lakoni.

Penggawa PSG itu menjadi pemain Maroko dengan umpan terbanyak (228) dan paling banyak menembus lini (64) dari 95 kali percobaan. Kemampuan ofensifnya itu juga diimbangi dengan keahlian defensifnya lewat intersep per laga (1,4), tekel per laga (3,8), dan catatan cleansheet (3).

5. Hakim Ziyech

Hidup kembali setelah sempat menyatakan pensiun, Hakim Ziyech menunjukkan pada dunia bahwa dirinya memang masih dibutuhkan Maroko dalam perjuangan di Piala Dunia Qatar 2022. Sementara ini, ia telah membukukan satu asis dan satu gol.

Ziyech juga menjelma menjadi salah satu pemain terpenting dengan menjadi penggawa yang paling banyak melakukan crossing (20), percobaan terbanyak ke gawang (8), dan receptions terbanyak di antara lini tengah dan bertahan (59).

Selain itu, Ziyech juga memiliki atribut lainnya yang mengancam lewat tendangan bola matinya. Beberapa kali ia sering membuat lawan khawatir lewat sepakan plesing khas Ziyech dengan kaki kirinya.

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.