5 Sosok Penting Dibalik Suksesnya Transfer Liverpool

Michael Edwards dan Jurgen Klopp.
Michael Edwards dan Jurgen Klopp. (bleacherreport.com)

Liverpool bisa dibilang menjadi salah satu klub Liga Inggris yang paling jitu perihal transfer pemain. Banyak pemain yang direkrut langsung memberikan dampak sigfinikan dalam permaian tim walaupun dengan harga yang tidak begitu mahal. Tentu ada banyak sosok yang punya peran penting dalam kebijakan transfer cerdas Liverpool. Siapa saja? Berikut adalah 5 diantaranya:

Michael Edwards

Edwards adalah direktur olahraga Liverpool yang bergabung sejak tahun 2011 silam. Ia adalah sosok yang bertanggung jawab atas transfer pemain, baik itu yang didatangkan ataupun dilepas The Reds. Ia dikenal sebagai sosok yang lihai dalam negosiasi, sehingga banyak pemain berkualitas mampu didatangkan dengan harga semurah mungkin. Salah dan Mane, juga ia turut masih membantu dalam proses transfer Luiz Diaz dan Darwin Nunez adalah nama-nama yang mampu ia datangkan ke Anfield.

Mike Gordon

https://twitter.com/jurgenholic/status/1519624941062475776?s=20&t=3sB19iZFZVNRXzMXSw1o4g

Gordon adalah presiden Fenway Sport Group yang merupakan perusahaan yang memiliki Liverpool. Gordon juga dikenal sebagai salah satu presiden klub yang dikenal pelit dalam mengeluarkan uang untuk belanja pemain. Meskipun demikian, ia juga akan menyetujui merekrut pemain apabila memang dirasa merupakan kebutuhan tim dan menguntungkan secara bisnis klub. Van Dijk dan Alisson adalah buktinya. Sikap pelit Gordon juga berdampak positif terhadap keuangan klub yang sangat sehat dalam beberapa tahun terakhir.

Jurgen Klopp

Pelatih berkebangsaan Jerman ini selain mahir dalam taktik di lapangan, ia juga merupakan sosok yang ahli memoles pemain antah berantah menjadi pemain bintang. Kemampuan itu sudah ia tunjukan ketika menahkodai Dortmund. Dana transfer yang terbatas dari klub, tidak membuat Klopp patah arah. Buktinya banyak pemain yang tidak diketahui publik dan harganya murah bisa ia tarik menjadi anak asuhnya. Sebut saja Andy Robertson, Wijdnaldum, Firmino, Mane, Salah dan masih banyak lagi.

Julian Ward

https://twitter.com/The_RedsIndo/status/1534576009965862912?s=20&t=gAD1Zseo80eNB4Ipu251Bw

Ia adalah tangan kanan dari Michael Edwards yang berposisi sebagai asistan sport director. Bahkan di tahun 2023 diagadang-gadang akan menggantikan Edwards saat kontrak kerjanya habis. Terbaru keahliannya dalam bernegosiasi dibuktikan dengan mendatangan Darwin Nunez dari Benfica dengan mahar 75 juta Euro. Ia mampu memenangkan persaingan dengan Manchester United dan Newcastle United dalam perburuan striker asal Uruguay tersebut.

Barry Hunter

https://twitter.com/McLean86/status/914240528304295936?s=20&t=gAD1Zseo80eNB4Ipu251Bw

Hunter adalah direktur scout talent Liverpool. Ia dikenal sebagai salah satu scout talent terbaik saat ini di Liga Inggris. Hunter bisa dibilang menjadi tangan kanan Klopp saat merekrut pemain inacarannya. Salah satu pemain pantuannya yang tampil memukau dan menjadi tulang punggung tim adalah Mohammed Salah dan Trent Alexander Arnold. Adakah pemain rekurtan Liverpool paling berkesan menurutmu?

Komentar
BACA JUGA:  Real Madrid Mencari Jenderal Baru di Lini Belakang
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara