Carney Chukuwuemeka: Berkembang di Chelsea atau Menjadi Loan Army?

Carney Chukuwuemeka
Carney Chukuwuemeka, wonderkid anyar Chelsea dari Aston Villa. (skysports.com)

Carney Chukwuemeka diprediksi bakal jadi gelandang masa depan Inggris. Wonderkid berusia 18 tahun itu resmi hijrah ke London Barat untuk bergabung dengan Chelsea. Carney adalah hasil tempaan Bodymoor Heath, akademi Aston Villa.

Chelsea memenangkan persaingan dalam perebutan jasa pemain seharga 20 juta paun tersebut, mengalahkan sejumlah peminat dari klub besar lain macam AC Milan hingga Barcelona.

Dia adalah kapten muda Inggris U-19 yang akan berlaga di Piala Dunia U-20 di Indonesia. Juli 2022, Carney sukses membawa Inggris menjuarai turnamen UEFA Under-19 Championship yang berlangsung di Slovakia.

Pelatihnya di Aston Villa, Steven Gerrard sebenarnya percaya bahwa Carney bisa menjadi besar di Villa. Namun, ia kini berharap eks anak asuhnya tersebut dapat menunjukkan perkembangan positif bersama Chelsea.

Carney lahir di Eisenstadt, Austria pada 20 Oktober 2003 silam. Klub akademi pertamanya adalah Northampton Town sebelum ia pindah haluan ke Aston Villa Youth.

Musim lalu bersama skuad utama The Villans, Carney mendapat kepercayaan tampil di 12 pertandingan Premier League. Ia menjadi pemain termuda yang unjuk gigi di Premier League musim lalu, saat Villa bermain imbang kontra Brentford.

Ia biasa diplot sebagai gelandang serang atau mendapat free role di posisi nomor 8. Kemampuannya mendukung untuk melakukan progresi serangan dan aksi dribbling di lini tengah.

Di Chelsea, kemungkinan ia akan bersaing dengan Mason Mount, Mateo Kovacic, atau Conor Gallagher yang baru saja kembali dari masa peminjaman.

Namun Carney masih sangat muda. Tak menutup kemungkinan ia akan dipinjamkan lebih dulu oleh Chelsea untuk memperbanyak jam terbang di level profesional.

Selayaknya yang terjadi pada Conor Gallagher yang musim lalu dipinjamkan ke Crystal Palace atau seperti Billy Gilmour bersama Norwich City sebelum mereka kembali ke pangkuan The Blues musim ini.

BACA JUGA:  Awal Musim yang Buruk bagi Juventus, Barcelona, dan Chelsea

Chelsea memang terkenal dengan kebijakan loan army mereka. Musim 2021/2022 mereka total meminjamkan 22 pemain ke berbagai klub di penjuru dunia.

Melihat kiprahnya sebagai kapten Inggris U-19 dan selama bersama The Villans, menarik untuk menyimak karier barunya dengan Chelsea musim ini. Menurutmu, apakah ia akan banyak berkembang di Chelsea atau justru menjadi gerbong anyar loan army?

Komentar