Saat ini, Nike menjadi salah satu apparel sepatu sepakbola terbesar di industri sepakbola. Bersama dengan apparel lainnya seperti Adidas, Puma, dll. Nike adalah apparel yang juga paling banyak digunakan oleh para pemain.
Sepatu futsal Mills ori di sini!
Jika dibandingkan dengan dua apparel yang disebut tadi, usia Nike di dunia sepakbola tergolong lebih muda. Lantas bagaimana ceritanya Nike memulai debut di sepakbola hingga bisa sampai seperti sekarang ini?
Perjalanan Nike di dunia sepakbola dimulai tahun 1971. Di mana mereka merilis sepatu sepakbola pertama Nike yang menggunakan logo Swoosh. Sepatu pertama Nike itu kerap disebut dengan “The Nike”.
Debut Nike di dunia sepatu sepakbola tidak berjalan lancar. Lantaran sepatu mereka tidak banyak diminati oleh para pemain. Salah satu alasannya karena sepatu tersebut tidak terlalu baik kualitasnya di cuaca yang lembab.
Kegagalan tersebut membuat Nike teru mengembangkan sepatu sepakbolanya selama tahun 70-an hingga 80-an. Sampai pada akhirnya Nike dapat meraih hasil yang ingin mereka capai.
Kompetisi European Cup (saat ini Liga Champions) di tahun 1982 yang dimenangkan Aston Villa membawa angin segar buat Nike. Pasalnya beberapa pemain Aston Villa menggunakan sepatu pabrikan asal Amerika Serikat tersebut.
Cari sepatu sepakbola Ortus ori? Klik di sini!
Momen itu membuat Nike semakin serius untuk mengembangkan sepatu sepakbola yang lebih baik lagi. Di tahun 1996, Nike membangun pabrik yang berfokus pada peralatan sepakbola di Italia. Fasilitas yang tepatnya berada di Montebelluna itu menjadi tempat kunci Nike mengembangkan sepatu sepakbola mereka.
Nike melakukan eksperimen dengan membuat sepatu premium yang berbahan dari kulit sintetis. Sepatu tersebut pun sukses sampai membuat para pemain yang mencobanya menolak untuk mengembalikan sepatu tersebut. Salah satu hasil eksperimen sepatu tersebut yang paling terkenal adalah Mercurial R9 yang dikenakan Ronaldo Nazario di Piala Dunia Prancis 1998.
Pengembangan sepatu sepakbola Nike yang signifikan selanjutnya terjadi pada 2013 dan 2014. Pada 2013, Nike merilis salah satu edisi sepatu sepakbola yang sangat populer pada zamannya, yakni Nike Hypervenom. Nike mengklaim bahwa sepatu tersebut diciptakan sesuai dengan kebutuhan sepatu the next-generation yang diwakili oleh brand ambassador mereka saat itu, Neymar.
Kemudian di tahun 2014, Nike mengembangkan versi terbaru dari Mercurial dengan fitur flyknit upper. Namanya adalah Mercurial Superfly. Sepatu yang kala itu keluar dengan tagline “built for the the fastest player on the planet”.
Kini, Nike telah menjadi salah satu apparel sepatu sepakbola yang terbesar di dunia. Bahkan mereka saat ini memiliki dua calon pemain terbaik di dunia sekaligus, Kylian Mbappe dan Erling Haaland. Mereka juga masih memiliki Cristiano Ronaldo sebagai manusia yang paling banyak followersnya di Instagram dengan kontrak seumur hidup bersama mereka.
Hal yang tentu sangat berguna buat branding dan marketing mereka. Lantas dengan segala pencapaian yang sudah Nike peroleh saat ini, akan seperti apa inovasi mereka ke depannya? Patut dinantikan seri-seri sepatu sepakbola Nike yang kembali mampu mengguncang pasar sepakbola.
Kaos Kaki Sambung Avo untuk main sepakbola!