Team of The Week Liga 1 Pekan Ke-3: Dominasi Serangan Pemain Asing

Pekan ketiga Liga 1 musim 2020 telah usai dilaksanakan. Pada pekan ini, peran pemain asing masih terlihat sangat menonjol terutama di sektor penyerangan. Kami memilih sebelas pemain terbaik yang berlaga pada pekan ini. Berikut adalah susunan lengkap Team of The Week Liga 1 2020 pada pekan ketiga.

 

Fakhrurrazi Quba di Bawah Mistar

Fakhrurrazi merupakan kiper asli Aceh yang setia mengawal gawang Persiraja, termasuk ketika mereka dipastikan promosi dari Liga 2 musim lalu. Pada pekan ketiga Liga 1, ia dan rekan-rekannya menghadapi sesama tim promosi, Persik Kediri.

Bermain selama 90 menit, Fakhrurrazi berhasil melanjutkan catatan nirbobol untuk ketiga kalinya musim ini. Melawan Persik, kiper berusia 30 tahun itu tercatat melakukan enam kali penyelamatan. Ia merupakan benteng pertahanan terakhir yang kokoh bagi Laskar Rencong sore itu.

 

Kuartet Pemain Belakang

Supardi Nasir

Sempat kewalahan mengawal Irkham Mila di menit-menit awal menghadapi PS Sleman, Supardi menebusnya dengan penampilan apik hingga peluit panjang ditiup. Fullback kanan Persib itu menjadi sosok sentral dalam serangan dari sisi kanan.

Ia berhasil menyokong Febri Haryadi yang terus menerus mengeksploitasi area Arthur Irawan. Pemain gaek tersebut membuktikannya dengan menyumbangkan satu asis. Umpan silang melengkungnya menjadi makanan empuk Wander Luiz untuk dikonversi menjadi gol.

Wildansyah

Menghadapi Persela, Wildansyah turun sebagai palang pintu bersama Javlon Guseynov. Meski sempat kecolongan dengan gol Ady Setiawan, Ia berhasil menghentikan serangan-serangan dari Laskar Joko Tingkir pada menit-menit selanjutnya.

Wildansyah juga berperan saat Borneo FC menyerang. Tercatat dua kali ia berhasil melakukan tembakan ke gawang lawan. Sebutir gol juga berhasil dicatatkan oleh mantan pemain Persib dan Sriwijaya FC itu melalui sontekannya dari tengah kotak penalti.


Abanda Rahman

Didatangkan musim ini setelah sebelumnya membela Kalteng Putra, Abanda Rahman menjelma menjadi sosok penting di pertahanan PSIS. Bersama Wallace Costa, ia berperan menghentikan serangan sebelum bola berhadapan dengan Jandia Eka Putra.

Saat menghadapi Arema FC, Abanda berbagi tugas dengan partnernya. Wallace yang lebih banyak menghabiskan waktunya mengawal Kushedya Hari Yudo membuat Abanda lebih banyak melakukan cover di lini belakang. Ia melakukan hal itu dengan ciamik.

Rezaldi Hehanusa

Bule, panggilan akrab Rezaldi, kembali menunjukkan performa apiknya setelah sempat cedera panjang musim lalu. Duelnya dengan Renan Silva menjadi sajian yang amat menarik dalam pertandingan Persija menghadapi Bhayangkara FC.

Selain bertugas di sektor pertahanan, Bule juga kerap naik membantu serangan Macan Kemayoran dari koridor flank kiri. Dari sana pula umpan terukur ia kirimkan ke kotak penalti yang akhirnya diteruskan Otavio Dutra menjadi gol.

 

Trio Gelandang Kreatif

Paulo Sergio

Gelandang serang asal Portugal ini kembali mengobrak-abrik pertahanan lawannya. Kali ini, Madura United yang menjadi korban. Pergerakan Paulo Sergio kerap membuat Asep Berlian bergeser agak ke kiri untuk menghentikannya.

Namun, pemain Bali United ini memang cerdik luar biasa. Dua asis ia catatkan sore itu. Satu umpan terbosan Paulo Sergio dari ruang apit kanan diteruskan oleh Melvin Platje menjadi gol. Lalu, satu sepak pojok juga ia kirimkan dan lagi-lagi disambut oleh sundulan Platje untuk mengoyak gawang M. Ridho.

Thiago Amaral

Amaral benar-benar sukses menjebol pertahanan Persebaya. Tak bisa dipungkiri, pemain asal Brazil itu merupakan motor serangan Persipura di lini tengah. Selain itu, ia juga cukup piawai untuk mencetak angka. Dua gol ke gawang Bajol Ijo adalah buktinya.

Gol pertama dihasilkan melalui tendangan bebas melengkung yang memperdaya Rivky Mokodompit. Empat belas menit berselang, Amaral yang bergerak ke tengah dari sisi kiri meneruskan umpan terobosan menjadi gol kedua Persipura.

Renan Silva

Mantan pemain Persija ini harus menghadapi mantan timnya sendiri. Ia banyak beroperasi di ruang apit kanan pada laga itu. Dari koridor ini, sebiji gol dibukukan Renan dengan tendangan kerasnya dari dalam kotak penalti yang menaklukkan Andritany Ardhiyasa.

Tak hanya itu, Renan juga banyak mengambil bola mati untuk selama pertandingan berjalan. Salah satunya adalah tendangan bebas dari sisi kiri di mana ia berhasil mengirim umpan matang yang kemudian dikonversi Ezechiel N’douassel menjadi gol kedua Bhayangkara FC.

 

Trisula Lini Depan

Melvin Platje

Sempat tidak menemui kata sepakat dengan Bali United untuk memperpanjang pengabdian di musim ini, Platje pada akhirnya memperlihatkan kelasnya. Pergerakannya di sisi kanan terlihat nyata. Salah satunya dibuktikan melalui gol pertama ke gawang Madura United

Platje juga merpakan kreator gol kedua Bali United yang pada akhirnya dituntaskan oleh William Pacheco dengan tendangan keras. Sebelum laga usai, sebiji angka lagi ia bukukan setelah menyambut bola Paulo Sergio dari sepak pojok.

Wander Luiz

Ia benar-benar menjadi momok pertahanan PSS pada laga yang dilaksanakan di Stadion Si Jalak Harupat itu. Through pass yang dikirimkan Wander Luiz berhasil membuka keran gol Persib Bandung usai dituntaskan oleh Geoffrey Castillon.

Sebagai seorang striker, tak lengkap sepertinya jika ia tidak ikut mencatatkan namanya di papan skor. Bergerak di belakang Bagus Nirwanto, Wander Luiz dapat mengelabuhi kapten Laskar Sembada itu dan dengan mudah menyambut umpan manis dari Supardi untuk dijadikan gol kedua Maung Bandung.

Alex dos Santos

Setelah tajam bersama Persela Lamongan musim lalu, Alex akhirnya dapat mencetak gol perdananya bersama PS Tira musim ini. Kerap melebar ke sisi kiri, ia berhasil menerobos pertahanan, melewati kiper Persita Tangerang, dan dilanjutkan dengan tembakan yang membawa keunggulan bagi timnya.

Tak berhenti sampai di situ. Satu asis juga dicatatkan Alex menjelang pertandingan berakhir. Umpan silangnya dari sayap kiri berhasil diteruskan Silvio Escobar menjadi gol. Dua kali kontribusinya tersbut membuat timnya menang dengan skor 3-1.

 

Jackson F. Thiago Sebagai Nahkoda

Jackson terpilih sebagai nahkoda Team of The Week Liga 1 2020 pada pekan ini. Ia membuktikan kembali sebagai pelatih bertangan dingin setelah kembali di bawah panji Persipura. Ia menunjukkan kelasnya lagi saat menghadapi Persebaya Surabaya yang notabene merupakan mantan tim yang pernah dibelanya.

Kecepatan dan kolektivitas menjadi hal sangat jelas ditunjukkan tim berjuluk Mutiara Hitam yang dipimpin Jackson. Sepakbola menyerang nan atraktif berhasil membukukan empat gol di kandang Bajol Ijo yang membuat Persipura memperoleh poin penuh.

Susunan Team of The Week Liga 1 2020 pekan ke-3

 

Komentar
BACA JUGA:  Phil Jones dan Marcos Rojo: Tembok Ideal yang Sempat Terpinggirkan
Digawangi oleh Dani Rayoga (@DaniBRayoga) dan dibantu Andhika Gilang (@AndhikaGila_ng)