Logika Kecepatan Einstein dan Naluri Pembunuh Inzaghi

  • Teori yg bagus untuk menggambarkan kecepatan. Inzaghi bukan hanya "cepat" soal pergerakan, tapi juga "cepat" dalam berpikir. Ada idiom yg menyebutkan, "Pemain yg baik bergerak selaras dengan bola. Pemain yg briliant bergerak sebelum bola digulirkan."…

    btw, kalau ada ilustrasi dalam menjelaskan dan membandingkan teori kecepatan Einstein dengan penerapannya ke dalam sepak bola, mungkin akan lebih asik…

    overall, nice article…

    • Dab

      Kembali kasih…

  • ruicosta

    Biasa wae

  • tito

    Analisis yg menarik utk mnjelaskan percepatan dan kecepatan.. namun ada yg hilang disini.

    Analogi sederhananya ketika mau lomba lari 100 meter, Inzaghi ‘mencuri’ start awal dg kcepatan penuh saat yg lain start dg jongkok dulu. jelas Inzaghi lebih cepat. hal ini hanya menjelaskan siapa yg paling duluan sampai.

    tapi cb perhatikan, bgaimana keakuratan atau akurasi Inzaghi saat mencetak gol ? Ya betul, "dia tau caranya menendang dan gol". Sama analoginya ketika pemain sekelas Cr Ronaldo pernah menyianyiakan peluang yg seharusnya masuk tp ternyata melebar, walau dia start dg berlari kencang. atau ingat gol yg terbaru Messi mnggocek bola dan Boateng terjatuh ? dan Messi dg matang mencop bola dan masuk. Dari sini bs ditarik jika bukankah ini tdak hanya kecepatan dan percepatan yg anda bilang td ? Ya, akurasi tendangan Messi yg membuat bolanya masuk dg skill chopping bola td.

    Yuk dinaalogikan kembali. Saya kira anda pernah main Pes / Fifa ? skill di game Pes atau Fifa dg menekan Kotak+L1 ? apa yg terjadi ? itu sama persis dg tendangan yg Messi lakukan. Lalu fungsi R1 tau untuk berlari ? Jadi sy kira dr analogi ini bisa dibayangkan jika saat Messi melakukan soloran untuk melewati Boateng, saat dia tahu Boateng terjatuh dan Neur maju, saat itu juga dia mengurangi kecepatannya berlari dan menchop bola atau dlm (Italia Paloneto ?). Jadi saat berlari menggunakan R1 dan saat mau menendang kuta lepas R1 tersebut utk berganti langsung dg Kotak+L1. Bukankah begitu ?

    Jadi kalau di artikel ini dijelaskan kecepatan dan percepatan saja, siapapun bisa melakukannya tidak hanya Inzhagi, bahkan teman main futsal anda mungkin ada yg spt itu.

    Seperti yg sy utarakan td,ada yg hilang, bukankah begitu ? Iya, antara percepatan dan skill tidak ada penjelasan! Percepatan yg anda utarakan tidak mencakup skill Inzhagi dalam menyelesaikan golnya. Anda butuh satu teori lg utk menjelaskan keakurasian Inzhagi yg saat dia berlari, menyelesaikan tendangan / sundulan yg berpotensi gol. seperti yg anda bilang 63% tersebut tidak terjangkau dg teori percepatan ini saja. Anda butuh teori lg utk mengelaborasikan antara percepatan dan skill (dalam konteks ini akurasi atau semcamnya).

    Oke smga membantu anda utk menyempurnakan kembali artikelnya. terimakasih mas 🙂

    • Dab

      Terima kasih saran dan masukannya. Memang betul jika tidak cuma Inzaghi yang melakukan itu, semua pemain malah saya kira juga memahaminya dengan baik. Tapi sampai saat ini, saya pikir Inzaghi punya kredit poin yang lebih karena ia praktis benar-benar “hanya” mengandalkan kemampuan ini semata untuk bisa jadi pemain legendaris, tidak seperti pemain lain yang punya keunggulan lain di bidang teknik.

      Lagipula tulisan ini sejatinya hanyalah menjelaskan apa maksud dari “naluri gol Inzaghi” yang jarang sekali ditelaah lebih jauh oleh tulisan-tulisan kebanyakan. 🙂

  • Dessy (ci) Simarmata

    apapun yang ditulis yang penting Inzaghi numero uno di hati saya hahahah 😛

  • Hardya Pranadipa

    Inzaghi pernah kok melakukan gol dr tendangan bebas ketika masih memperkuat Atalanta Season 96/97.. cek yutub aja. Btw saya pikir Thomas Muller adalah pemain yg logic permainannya paling mirip Inzaghi skrg.

    • Dab

      Yak, betul. Saya juga berpikir hal yang sama. Satu lagi tapi; Pedro Rodriguez. Tapi untuk urusan cara mencetak gol, Chicharito jadi satu-satunya yang paling mirip

  • el hombre

    buasnya Raul sebagi Poacher lah yang bisa menyamai Inzahi..sayang Poacher makin langka tinggal chicharito. kasus maikon kena knock ball ama Bale wkwkwk

  • Rangga Pratama

    awal baca bikin pusing sih….tapi masuk akal pada akhirnya…..

  • Ipung Soedarsono

    ulasannya bagus pembahasannya dalam penulisnya pasti tau banyak sepak bola

  • Yudistira Permana

    Analisis yang cukup bagus. Jadi ingat ketika ada ulasan mengenai tendangan bebas Beckham dengan hukum Fisika (lupa siapa yang nulis). Meskipun, mungkin, pemain sendiri tidak tahu/paham, mereka sedang menerapkan hukum” Fisika.

  • imam fidyansyah

    wow. saya lihat seperti muller di bayer.
    analisa tentang ozil dong bang.

  • Jonatan Bernardo Rajagukguk

    Pippo <3