7 Rekor Erling Haaland

Pemain Manchester City, Erling Haaland.
Pemain Manchester City, Erling Haaland.

Bersama dengan Lionel Messi dan Luiz Adriano, Erling Haaland resmi menjadi salah satu pemain dalam sejarah yang berhasil mencetak lima gol dalam satu pertandingan di Liga Champions.

Padahal, Haaland sendiri baru berusia 22 tahun. Meski masih sangat muda, rekor demi rekor sudah banyak yang dipecahkannya. Apa saja itu? Berikut 7 rekor yang sudah dipecahkan Erling Haaland:

1. Pemain tercepat dan termuda yang mencetak 30 gol di Liga Champions

Pemain asal Norwegia itu hanya butuh 25 laga untuk mencetak 33 gol di Liga Champions. Haaland melewati rekor yang dibuat Ruud van Nistelrooy yang membutuhkan 34 laga untuk mendapatkan gol ke-300.

Ia juga menjadi pemain paling muda yang mencetak 30 gol di Liga Champions. Rekor tersebut sebelumnya dipegang Kylian Mbappe yang mencetak gol ke-30 di usia 22 tahun lebih 11 bulan, sedangkan Haaland baru berusia 22 tahun lebih 8 bulan.

2. Pemain pertama yang mencetak lima gol dalam dua penampilan pertamanya di Bundesliga

Pada debutnya bersama Borussia Dortmund, Erling Haaland mencetak hat-trick hanya dalam waktu 23 menit. Kemudian ia mencetak dua gol lagi di dua laga berikutnya.

Haaland resmi menjadi pemain pertama dalam sejarah Bundesliga yang mencetak lima gol dalam dua pertandingan pertamanya, dan tujuh dalam tiga pertandingan pertamanya.

3. Pemain Manchester City pertama yang mencetak gol pada debutnya di Premier League dan Liga Champions

Erling Haaland mencetak dua gol dalam laga debutnya bersama Manchester City di Premier League. Kemudian ia mencetak dua gol lagi dalam laga debutnya bersama The Citizens di Liga Champions.

Dua golnya ke gawang West Ham United, dan brace-nya ke gawang Sevilla membuat Haaland masuk buku rekor. Dia menjadi pemain Manchester City pertama yang berhasil mencetak gol dalam laga debutnya di Premier Lague dan Liga Champions.

BACA JUGA:  Rapor Pemain Manchester City di Piala Eropa 2020

4. Pemain pertama yang mencetak sembilan gol dalam lima pertandingan pertamanya di Liga Inggris

Sembilan gol dari lima pertandingan pertama Haaland bersama Manchester City di Premier League membuatnya kembali masuk pada buku rekor. Dia memecahkan rekor Aguero dan Mick Quinn yang mencetak delapan gol dalam lima laga pertamanya.

5. Pemain pertama yang mencetak hat-trick dalam tiga pertandingan kandang Premier League secara berturut-turut

Erling Haaland mengukir sejarah di Premier League dengan menjadi orang pertama yang mencetak hat-trick dalam tiga pertandingan kandang berturut-turut di Premier League. Rekor tersebut dibuatnya setelah mengalahkan Manchester United, dengan skor 6-3, Minggu (2/10/2022).

6. Pemain tercepat dalam sejarah Premier League yang mencetak tiga hat-trick

Pada laga derbi Manchester pada 2 Oktober 2022, Erling Haaland mencetak hat-trick ke gawang Manchester United. Torehan itu menjadi hat-trick ketiganya untuk Manchester City di Premier League musim 2022/2023.

Dengan torehan tersebut, rekor baru telah tercatat. Haaland resmi menjadi pemain tercepat yang memperoleh hat-trick ketiganya di Premier League dengan delapan pertandingan saja.

7. Pemain Manchester City yang paling banyak mencetak gol dalam satu musim

Bomber Norwegia itu kesurupan ‘Dewa Gol’ dengan mencetak lima gol dalam kemenangan Manchester City 7-0 atas RB Leipzig di leg kedua babak 16 besar Liga Champions.

Lima gol itu turut membuat Haaland menjadi pencetak gol terbanyak Manchester City dalam satu musim usai mengemas 39 gol. Dia melewati torehan Tommy Johnson dengan 38 gol pada musim 1928/1929.

Masih banyak laga bagi Haaland untuk memperbanyak golnya. Dalam tahun-tahun ke depan, kita juga akan melihatnya memecahkan rekor-rekor lainnya. Erling Braut Haaland, seorang manusia atau robot pemecah rekor?

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.