Arkhan Kaka: Debutan Termuda Liga Indonesia Sejak 1994, Usia 15 Tahun!

Arkhan Kaka resmi menjadi debutan termuda di Liga 1 2022/23 dengan umur 15 tahun, 7 bulan, 2 hari. Rekor itu terpecahkan saat Persis Solo bermain melawan Persib Bandung, Selasa (4/4). Bahkan ia menjadi debutan termuda Liga Indonesia dari tahun 1994.

Sepatu futsal Mills ori di sini!

Pemilik nama lengkap Arkhan Kaka Putra Purwanto itu lahir di Blitar, 2 September 2007. Bakat besarnya tidak bisa dilepaskan dari riwayatnya sebagai putra dari mantan pemain timnas indonesia, Purwanto Suwondo.

Purwanto pernah membela sejumlah klub besar di Liga Indonesia seperti Persebaya Surabaya, Arema, Persija Jakarta, Persela Lamongan, PSIS Semarang, dan Persikota. Dari pengalaman sang ayah, Kaka menjadi akrab dengan dunia sepakbola sejak kecil.

“Dari kecil, dia (Kaka) sudah kelihatan sangat berminat dengan sepakbola,” ujar ayah Kaka, Purwanto Suwondo, melansir dari suryamalang.com. Arkhan Kaka juga sudah dilatih langsung oleh ayahnya sendiri sejak usia dini.

Seiring berjalannya waktu, Kaka mengikuti Piala Soeratin dengan membela tim PSSI Kota Blitar pada 2019. Ia juga pernah bergabung dengan tim sepakbola Bhayangkara FC di Elite Pro Academy U-16.

Sepatu sepakbola Mills ori di sini!

Meski merupakan putra dari mantan pesepakbola terkenal, Arkhan Kaka ternyata pernah tidak lolos seleksi murni Timnas Indonesia U-16 pada 2021. Namun, Kaka kemudian berhasil lolos lewat jalur penjaringan bakat.

Mengacu dari performanya di AFF U-16 2022, Kaka memiliki beberapa potensi yang dapat digali lebih dalam lagi. Skill individu mumpuni, daya jelajah luas, dan semangat bermain pantang menyerah.

Ia bisa menjadi striker komplit yang rajin menjemput bola ke bawah, dan menjadi inisiator serangan. Namun di usianya yang masih sangat muda ini, semoga Kaka bisa fokus untuk bekerja keras menjadi pemain sepakbola yang bisa diandalkan timnas kelak.

BACA JUGA:  Tentang Rodri: Bakat, Pendidikan, dan Kesederhanaan

Produk Specs ori hanya di sini!

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.