Bola Piala Dunia 2022 Dibuat di Indonesia, Timnasnya Kapan?

Bola Piala Dunia 2022
Bola Piala Dunia 2022. (soccerbible.com)

Indonesia memang tidak tampil di Piala Dunia tahun ini di Qatar. Namun, Indonesia turut berkontribusi dalam ajang sepak bola terakbar tersebut sebagai pembuat bola resminya.

Bola resmi Piala Dunia 2022 diberi nama “Ar-Rihla” yang berarti sebuah perjalanan. Bola ini didominasi warna putih dan grafis segitiga berwarna merah, biru dan oranye. Bola ini diklaim memiliki stabilitas yang baik saat di udara dan kecepatan yang bagus.

Pemegang merek bola ini adalah Adidas, namun, untuk proses pembuatannya diserahkan ke PT Global Way di Madiun. Menurut informasi tidak kurang dari 5000 bola akan dibuat dan didistribusikan ke Amerika Serikat, Jerman, Uni Emirat Arab, Inggris dan Brazil.

Sebetulnya bukan kali ini saja Indonesia dipercaya oleh merek-merek besar untuk memproduksi bola piala dunia. Pada Piala Dunia tahun 2010 di Afrika Selatan dan 2018 di Rusia, bola resminya juga diproduksi di Indonesia.

Selain bola, Indonesia juga dikenal sebagai salah satu negara produsen jersey terbaik. Merk Nike, Adidas, dan New Balance seringkali mempercayakan jersey klub yang mereka support untuk dibuat di Indonesia. Contohnya Inter Milan, Manchester City saat memakai Nike, Chelsea, dan masih banyak lagi.

Soal kualitas produk Indonesia memang sudah tidak perlu diragukan lagi. Semoga saja tidak hanya bola buatan lokal saja yang tampil di Piala Dunia, melainkan timnasnya juga.

Komentar
BACA JUGA:  Emosi dan Drama Sebuah Pertandingan dari Suara John Helm dan Fabio Caressa (Bagian 1)
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara