Determinasi Tinggi Korea Selatan Kalahkan Portugal

Determinasi tinggi Korea Selatan sejak awal laga sukses mengalahkan Portugal. (Skysports)
Determinasi tinggi Korea Selatan sejak awal laga sukses mengalahkan Portugal. (Skysports)

Hwang Hee-chan penyelamat Korea Selatan di panggung dunia. Golnya di masa injury time ke gawang Diogo Costa membawa Korsel berbalik unggul sekaligus mengamankan posisi kedua klasemen akhir grup H dengan dramatis. Gol tercipta di menit 90+1 berkat serangan balik cepat dan assist bintang Tottenham Hotspurs, Son Heung-min.

Senyum terbit dari Korea Selatan, menenggelamkan Uruguay yang kalah produktivitas gol meski berhasil menang 2-0 atas Ghana. Kemenangan atas Portugal menjadikan Korsel mencatatkan kemenangan kedua atas Portugal di Piala Dunia. Sebelumnya pada edisi 2002 lalu, gol tunggal Park Ji-sung membuat Selecao Das Quinas harus angkat koper lebih cepat.

https://twitter.com/_BeFootball/status/1598734891339976719

9 tahun silam, tepatnya 12 Oktober 2013, Hwang Hee-chan masih menghadapi Evan Dimas dan kawan-kawan. Kala itu dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-19, Korsel kalah atas Indonesia di Stadion Gelora Bung Karno. Musim ini, ia telah menjelma sebagai striker andalan Wolverhampton Wanderers dan mencetak gol perdana di Piala Dunia.

Hwang Hee-chan baru menjalani debut ketika laga versus Portugal. Sebelumnya, ia berangkat ke Qatar dalam kondisi cedera hamstring yang membekapnya sejak laga terakhir Premier League sebelum Piala Dunia resmi bergulir. Butuh waktu sekitar 25 menit baginya untuk membayar tuntas kepercayaan Sergio Costa yang menggantikan peran Paulo Bento, sang pelatih yang harus absen karena kartu merah di laga sebelumnya.

Kredit juga perlu disematkan kepada sang kapten, Son Heung-min yang bekerja keras sepanjang laga. Ia punya peran penting untuk menjaga spirit tim dan asa para penggawa lain agar tetap dalam kondisi prima. Pasca gol cepat Ricardo Horta di menit 5, Son terlihat berteriak, sembari menepuk tangan memacu rekan-rekannya agar tetap fokus pada tujuan.

Ia menjadi tokoh sentral untuk memimpin lini serang tim dalam formasi 4-3-3 Sergio Costa. Selain kemampuan serangan balik kilat, ia juga berperan dalam penciptaan peluang dengan catatan 3 umpan kunci dan 1 kali mengkreasikan peluang besar untuk Taeguk Warriors. Korsel pantas menang kontra skuad bertabur bintang milik Fernando Santos. Determinasi tinggi sejak awal laga membuat mereka mampu menyusul Jepang ke babak gugur di Qatar.

BACA JUGA:  Tak Perlu Berlebihan Mencintai Sepakbola

Kisah Taeguk Warriors menambah deretan partai kejutan dan rangkaian kisah kuda hitam di Qatar. Korsel tinggal menunggu hasil akhir grup G dengan kemungkinan besar akan melawan Brasil di babak selanjutnya. Lagu Dreamers yang menjadi salah satu official song Piala Dunia 2022 Qatar diputar untuk mengiringi pejuang dari Asia Timur merayakan kelolosan. “Look who we are, we are the dreamers. We’ll make it happen ‘cause we believe it“.

Komentar