Mimpi Jadi Nyata Francis Uzoho

Francis Uzoho
Francis Uzoho (uefa.com)

Mimpi sejak kecil Francis Uzoho untuk tampil di Old Trafford menjadi kenyataan. Kiper klub asal Siprus, AC Omonia, itu tampil gemilang saat berjumpa Manchester United di laga keempat Grup E Liga Europa 2022/2023 (13/10). Kiper berusia 23 tahun tersebut mampu membuat 12 kali penyelamatan dan membuat Setan Merah butuh waktu 92 menit untuk bisa membobol gawangnya. Berkat penampilannya, Uzoho menyabet gelar Man of The Match pada laga tersebut walaupun timnya harus takluk 1-0.

AC Omonia memang sudah sewajarnya berterima kasih pada Uzoho. Pasalnya selama 90 menit, juara Liga Siprus 2021 itu digempur habis-habisan oleh Cristiano Ronaldo dkk. The Red Devil mencatatkan 78% penguasaan bola dan melakukan 34 tembakan. Hanya saja Uzoho mampu mementahkan 12 tembakan diantaranya. 

https://twitter.com/GOALAfrica/status/1580656984390774785?s=20&t=ik-BpKAY3HS3cMn9O-R67Q

Selain penampilan apik Uzoho, AC Omonia juga terselamatkan dari kekalahan besar atas United akibat buruknya penyelesaian akhir anak asuh Erik ten Hag. Angka xG Manchester United semalam adalah 4,15 namun hanya satu yang berbuah gol. Plus akurasi tembakan United tepat ke gawang hanya 38%.

Francis Uzoho sendiri merupakan pemain berkebangsaan Nigeria yang mengawali kariernya bersama akademi sepakbola Campos FA, Nigeria. Setelahnya ia membela klub Aspire Senegal hingga akhirnya ia direkrut oleh klub Spanyol, Deportivo La Coruna dan menjadi kiper asing termuda yang tampil di La Liga. Karena tidak banyak mendapatkan menit bermain dan terlibat konflik dengan fan, akhirnya ia dipinjamkan ke beberapa klub Liga Siprus seperti APOEL Nicosia dan Anorthosis hingga dipermanenkan AC Omonia tahun 2021 silam.

Selepas pertandingan melawan Manchester United, Uzoho tidak bisa menyembunyikan kegembiraannya karena berhasil mewujudkan mimpinya.

“Ini adalah mimpi saya sejak lama yg kemudian menjadi nyata. Ketika pertama kali saya melihat drawing-nya dan saya berpikir bahwa saya akan bermain di Old Trafford, saya terus berdoa kepada Tuhan agar saya mendapatkan kesempatan ini.” ungkap Uzoho kepada BT Sport setelah pertandingan.

Bahkan aksi heroiknya pada pertandingan ini mendapatkan pujian oleh Erik ten Hag dan kiper idolanya, David De Gea. Menurut keduanya dalam post match reaction, Francis Uzoho tampil sangat luar biasa. Ada banyak peluang dari kami (United) yang seharusnya bisa jadi gol tapi banyak digagalkan olehnya.

BACA JUGA:  Vitalnya Peran Marcelo Brozovic di Inter

Meskipun bukan kiper utama di AC Omonia, Francis Uzoho sebetulnya punya kemampuan yang baik sebagai sosok benteng terakhir pertahanan. Uzoho punya reflek bolanya yang mumpuni ditambah ketenangannya dalam mengantisipasi bola atas maupun bawah patut diacungi jempol.

Dengan usia yang masih muda, akankah Francis Uzoho punya kans untuk memperkuat Manchester United di masa depan?

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara