Olivier Giroud dan Kylian Mbappe Antarkan Prancis ke Delapan Besar

Pemain Prancis, Olivier Giroud dan Kylian Mbappe tengah merayakan gol (twitter.com/Panditfootball)
Pemain Prancis, Olivier Giroud dan Kylian Mbappe tengah merayakan gol (twitter.com/Panditfootball)

Prancis memastikan satu tempatnya di babak delapan besar usai menang 3-1 atas Polandia. Satu gol Olivier Giroud dan dua gol Kylian Mbappe hanya mampu dibalas satu oleh sepakan penalti Lewandowski. Lantas bagaimana jalannya pertandingan dan rekor apa saja yang tercipta?

Di babak pertama Prancis sangat kesulitan menembus pertahanan Polandia. Skema bertahan low block dan pemadatan pemain tengah Polandia memaksa anak asuh Didier Deschamp mengandalkan tembakan jarak jauh dan umpan-umpan crossing. Kylian Mbappe dkk total melakukan 18 crossing dan 3 tembakan dari luar kotak penalti.

Hingga di menit ke-44 kebuntuan itu pecah lewat gol yang dicetak oleh Olivier Giroud. Bagi pemain AC Milan tersebut, golnya pada laga kali ini adalah gol kedua di Piala Dunia 2022 dan ke 52 kalinya bagi Timnas Prancis. Torehan tersebut menasbihkan dirinya sebagai pemain dengan gol terbanyak bagi Les Bleus menggeser Thierry Henry dengan 51 golnya.

Berlanjut di babak kedua, jalannya tidak jauh berbeda dengan babak pertama. Polandia tetap dengan skema awal, tapi Prancis sedikit merubah taktik dengan mengandalkan counter para pemain cepatnya. Hasilnya di menit ke-74 dan 91 Mbappe berhasil mencetak dua gol bagi Prancis. Tapi sayang, Skuad Ayam Jantan gagal membuat cleansheet pada laga kali ini setelah kebobolan lewat tendangan Lewandowski di menit ke-91.

Bagi pemain Paris Saint-Germain itu, gol tersebut adalah gol kelimanya di Piala Dunia 2022 dan kesembilannya selama ia bermain di Piala Dunia. Capaian ini membuat Mbappe menjadi pemain dengan jumlah gol terbanyak Prancis di Piala Dunia. Selain itu, ia juga menjadi pemain dengan goal involvement di Piala Dunia Qatar dengan 9 kali keterlibatan (7 gol dan 2 asis). Ia juga menjadi pemain termuda di Piala Dunia yang mampu mencetak 9 gol. (24 tahun)

BACA JUGA:  Wacana Laga Super Cup di AS, Inovatif atau Ajang Keruk Uang?

https://twitter.com/Squawka/status/1599452220281348096?s=20&t=DidGhI8pPSQDEBaihuNTnA

Selain Giroud dan Mbappe, Hugo Lloris dan Timnas PrancisĀ  juga mencatatkan rekor baru. Bagi Lloris laga melawan Polandia menjadikannya pemain dengan caps terbanyak di Timnas Prancis. Kemudian bagi Prancis menjadikannya tim terbanyak kedua di bawah Jerman dengan 5 kali lolos ke babak 8 besar.

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara