Mbappe Jadi Pahlawan Kemenangan Prancis atas Denmark

Mbappe tengah merayakan golnya ke gawang Denmark (skysports.com)
Mbappe tengah merayakan golnya ke gawang Denmark (skysports.com)

Mbappe pantas menyandang gelar pahlawan bagi Prancis saat bersua Denmark pada laga kedua Grup D Piala Dunia 2022. Pasalnya dwi golnya di menit ke-63 dan 81 berhasil menjadi penentu kemenangan Les Bleus atas tim Dinamit dengan skor 2-1. Hasil ini membuat anak asuh Didier Deschamp bertengger di puncak klasemen Grup D, sekaligus memastikan diri lolos ke babak 16 besar.

Berperan krusial

Kylian Mbappe pada laga kali ini memang menunjukan kelasnya sebagai salah satu pemain top Eropa saat ini. Skill dan kecepatannya benar-benar membuat kerepotan sektor belakang pertahan Denmark. Tercatat pemain Paris Saint-Germain tersebut melakukan 6 kali dribbling dan melakukan 5 kali tembakan yang 4 diantaranya on target dan 2 lainnya berbuah gol. 

Meskipun tidak tampil baik di babak pertama karena sering salah umpan dan menyia-nyiakan satu peluang emas, di babak kedua Mbappe berubah. Pemain  berusia 23 tahun itu lebih terlibat dalam permainan dengan 57 sentuhan, 3 key passes dan akurasi passing-nya mencapai 90%. Tak hanya itu, kualitas finishing dan penempatan posisinya juga tampak lebih matang. Terbukti  dengan xG hanya 1,01 ia justru berhasil mencetak 2 gol lewat penempatan posisi yang bagus.

Moncernya Mbappe di babak kedua menjadi bukti bahwa niat pelatih Denmark, Kasper Hjulmand, untuk menghentikannya gagal total.

“Kami memiliki rencana untuk menghentikan dia. Di Parken (Denmark menang 2-0 atas Prancis, September lalu) kami memiliki rencana bagus, sebuah struktur bagus,” ujar Hjulmand di situs resmi FIFA.

BACA JUGA:  Prediksi Manchester United vs Manchester City: Jadwal Liga Inggris Live Streaming

Sayangnya Denmark-nya Hjulmand kecolongan di babak kedua. Mengingat berdasarkan data dari The Athletic, serangan Prancis di babak kedua selalu berbahaya sejak Piala Dunia 2018. Dari 77 gol Skuad Ayam Jantan sejak Piala Dunia sebelumnya hingga saat ini, 50 gol diantaranya dilesahkan di babak kedua.

Mengejar rekor baru

https://twitter.com/Squawka/status/1596579305886285826?s=20&t=M6O7kwxB0LcgWTcFdwjmhQ

Dua gol Mbappe pada laga kali ini adalah gol ketujuhnya di Piala Dunia dan gol  ketiganya di Piala Dunia 2022. Dengan usianya yang masih 23 tahun dan masih banyak laga yang bisa ia jalani bersama Timnas Prancis bukan tidak mungkin ia bisa menyamai 16 gol-nya Miroslav Klose.

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara