Perjuangan Ramadhan Sananta

Nasib orang tidak ada yang tahu pastinya. Tiga tahun lalu, Ramadhan Sananta masih bermain di Divisi Tiga atau Liga 3 Indonesia. Namun kini, ia menjadi salah satu pahlawan timnas di SEA Games 2023 Kamboja.

Rekomendasi sepatu running Adidas ori!

Karier sepakbola Sananta bermula di Asian Schools Football pada 2019. Setelahnya, ia bergabung dengan PPLP Kepulauan Riau pada 2020.

Pemain kelahiran Daik, Lingga, Kepulauan Riau, 27 November 2002 itu kemudian bergabung dengan klub Liga 3, Harjuna Putra, pada 1 Agustus 2021. Lalu, ia pindah ke Persikabo 1973 pada awal tahun 2022.

Hanya bertahan selama empat bulan di sana, Sananta pindah ke PSM Makassar hingga saat ini. Pemain dengan tinggi 1,82 meter itu menjadi salah satu penggawa penting PSM di bawah asuhan Bernardo Tavares yang juara Liga 1 2022/23.

Dengan status pemain yang masih sangat muda, tak banyak ekspektasi yang dibebankan kepada Ramadhan Sananta. Tapi kerja keras dan potensi besarnya yang juga mampu dikeluarkan oleh pelatih, performa Sananta terus menanjak.

Sepatu sepakbola Mills ori di sini!

Sebagai seorang penyerang, Sananta mampu menjadi top skor PSM dengan torehan 11 gol. Catatan tersebut bahkan menyamai gol dari rekan sekaligus seniornya di klub, Wiljan Pluim.

Kegemilangan Sananta di PSM membuat namanya dipanggil oleh Shin Tae-yong pada September 2022. Momen itu terjadi ketiga namanya masuk dalam skuad Timnas Indonesia untuk melawan Curacao pada FIFA Matchday September 2022.

Sananta juga dipanggil kembali ke timnas saat berlaga di Piala AFF 2022. Di ajang itu, Sananta menunjukkan potensi yang dia miliki dengan mencetak satu gol ke gawang Brunei Darussalam, dengan hanya bermain 27 menit saja.

BACA JUGA:  Bersama Alisson, All Is Well

Nama Sananta yang kian mendengung tak mungkin bisa dilupakan oleh Pelatih Indra Sjafri untuk SEA Games 2023. Kepercayaan yang diberikan pelatih olehnya juga tak disia-siakan oleh Ramadhan Sananta.

Diplot sebagai ujung tombak timnas, ia berhasil membawa Indonesia juara SEA Games 2023 dengan memuncaki daftar top skor lewat 5 golnya sepanjang turnamen bersama kompatriotnya, Fajar Fathur Rahman.

Terima kasih, Ramadhan Sananta. Ramadhan mungkin saja telah berakhir, tapi Ramadhan membawa Indonesia buka puasa medali emas SEA Games 2023 setelah 32 tahun lamanya.

Cari produk olahraga ori dari Ortus? Klik di sini!

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.