Cerita Zidane Nyaris ke Blackburn Rovers

Zinedine Zidane
Legenda sepakbola Prancis, Zinedine Zidane. (sportingnews.com)

Ada sebuah cerita tatkala Zinedine Zidane nyaris bergabung ke Blackburn Rovers. Setelah menjuarai Liga Inggris pada musim 1994/95, Blackburn mencari banyak bakat baru untuk melakukan regenerasi pemain. Saat itu, Blackburn memang menjadi salah satu kekuatan terbesar di Inggris.

Disokong kekuatan finansial milik raja baja lokal, Jack Walker dan diperkuat oleh striker beken macam Alan Shearer, Blackburn menahan laju Manchester United untuk menyalip mereka dari perburuan gelar. Tim yang saat itu dilatih oleh Sir Kenny Dalglish mengalami masa kejayaannya.

Tetapi awal dari kesuksesan itu rupanya juga adalah akhir. Dikutip dari Tifo Football, Dalglish diangkat menjadi direktur sepakbola dan digantikan oleh Ray Harford yang kurang mumpuni. Perekrutan pemain yang kurang memadai juga menjadi salah satu penyebab Blackburn gagal mempertahankan gelar Liga Inggris di musim berikutnya.

Di musim itu, Blackburn hancur lebur. Mereka terjatuh di peringkat ke-7 dan keluar sebagai juru kunci di fase grup Liga Champions, di bawah FC Spartak Moskwa, Legia Warszawa, dan Rosenborg B.K. Regenerasi pemain menjadi salah satu aspek yang kemudian coba diperhatikan oleh Blackburn.

Saat belum ada Fabrizio Romano dan berita transfer hanya dapat ditemui melalui saluran telepon ClubCall atau Teletext, Blackburn dikabarkan segera merekrut duo Prancis dari Bordeaux. Mereka berdua adalah Christophe Dugarry yang berposisi sebagai penyerang tengah dan gelandang bertalenta, Zinedine Zidane.

Berita itu bukan hanya rumor semata. Dugarry dan Zidane bahkan sudah mengunjungi tempat latihan milik Blackburn. Sementara itu, Harford dan Dalglish dilaporkan juga tertarik untuk merekrut mereka berdua. Tetapi apa yang terjadi malah sebaliknya, kesepakatan tidak pernah terjadi.

Masih belum diketahui apa yang membuat kesepakatan tersebut gagal. Apakah karena Dugarry dan Zidane yang melewatkan kesempatan untuk pindah ke Lancashire, atau klub yang memutuskan untuk tidak merekrut mereka. Yang terekam oleh sejarah hanya kutipan menarik yang dilontarkan oleh pemilik klub, Jack Walker.

BACA JUGA:  Menyambut Kepulangan Gerrard

“Mengapa Anda ingin mengontrak Zidane ketika kami memiliki Tim Sherwood?” ujar Walker. Walau menurut Tifo Football, kebenaran kutipan itu masih dipertanyakan dan Walker meninggal pada tahun 2000. Pun juga dalam konteks pada saat itu Sherwood memegang peranan penting di tim sebagai kapten dan turut memimpin klubnya menjuarai Liga Inggris.

Entah ucapan Walker itu benar atau tidak, tak ada pengaruhnya sama sekali pada kesuksesan Zinedine Zidane di masa depan. Pada tahun 1996, ia bergabung ke Juventus dan mengakhiri kariernya dengan gemilang bersama Real Madrid.

Sementara itu, akhir yang tragis terpaksa dijalani Blackburn pada musim 1998/99. Mereka terdegradasi hanya 4 tahun setelah menjuarai Liga Inggris. Di tahun yang sama, Dugarry dan Zidane menjuarai Piala Dunia bersama Prancis, serta torehan prestasi Ballon d’Or bagi Zizou.

Komentar
Menjadi fans Chelsea karena pengaruh bapak. Dapat disapa via akun Twitter @iiklil.