Kings League: Liga Sepakbola 7 vs 7 Bikinan Gerard Pique

Logo Kings League (DAZN.com)
Logo Kings League (DAZN.com)

Setelah memutuskan gantung sepatu pada November 2022 silam, Gerard Pique ternyata masih menekuni dunia sepakbola. Pada 1 Januari 2023, Pique secara resmi meluncurkan sebuah liga sepakbola 7 vs 7 yang diberi nama Kings League. Kompetisi tersebut saat ini diikuti oleh 12 tim asal Spanyol dengan masing-masing tim memiliki 12 pemain.

Asal-usul

Keputusan mantan pemain Barcelona itu untuk membuat sebuah liga, tak lepas dari ketrampilannya mengelola bisnis olahraga dalam beberapa tahun terakhir. Pique lewat perusahaannya, Kosmos Holding, adalah perusahaan dibalik tata kelola Piala Davis tenis dan gelaran Piala Super Spanyol yang digelar di Arab Saudi.

Selain itu sejak musim lalu, Pique memang menaruh kekhawatiran besar pada sepakbola saat ini karena dianggap sudah usang dan mulai ditinggalkan oleh para anak muda. 

“Kita harus mengubah aturan yang ditetapkan dalam sepak bola. Anda harus berusaha menarik perhatian. Buat produk pendek dan menghibur. 90 menit sepertinya terlalu lama bagi saya. Produk itu sendiri sudah usang. Sulit untuk menarik penonton muda.” ungkap Pique di Give Me Sport.

Ide membuat liga sepakbola baru pun ternyata menuai pro dan kontra. Bagi teman-temannya seperti Iker Casillas, Sergio Aguero dan juga Javier ‘Chicharito’ Hernández sangat mendukung ide Pique. Bahkan Casillas dan Aguero menjadi pemilik dua klub di King League dan Chicharito ikut bermain pada laga pembuka.

Namun disisi lain, presiden La Liga, Javier Tebas, menganggap liga bikinan mantan pemain Manchester United itu layaknya sebuah sirkus.

BACA JUGA:  Atletico Madrid: Konstantinopel pada Zaman Modern

“Saya tidak bisa membayangkan melakukan hal ini di La Liga. Ini sirkus. Ini bukan masalah menarik penonton muda atau tidak. Saya sudah membaca bahwa mereka membandingkan dan mereka salah.” ungkap Tebas di Daily Mail.

Punya aturan unik

Seperti yang disebutkan, Piqué memang tidak senang dengan peraturan sepak bola saat ini, jadi dia memutuskan untuk membuat beberapa perubahan revolusioner di Kings League. Dia ingin memastikan pemirsa lebih terlibat dengan konten tontonan dan menggaet banyak fan muda.

Berikut ini adalah beberapa aturan yang diterapkan di kompetisi tersebut:

  1. Dua babak masing-masing 20 menit, sehingga total 40 menit per pertandingan.
  2. Kickoff jenis polo air, pemain berlari dari garis gawang masing0masing untuk merebut bola di tengah lapangan.
  3. Nomor pemain tersedia dari 0 hingga 99.
  4. Jika memperoleh kartu kuning berarti sang pemain harus menepi dua menit dari permainan.
  5. Jika memperoleh kartu merah berarti sang pemain dikeluarkan. Namun, setelah lima menit, pemain pengganti bisa masuk.
  6. Pergantian pemain tak terbatas
  7. Adu penalti dari tengah lapangan saat terjadi seri
  8. Penalti dilakukan seperti olahraga hoki. Artinya pemain menggiring bola dari tengah lapangan dan diberi waktu 30 detik sebelum menendang bola.
  9. Dilakukan di lapangan indoor dengan ukuran seluas lapangan mini football
  10. Pertandingan digelar tiap hari Minggu saja.

Bisa diikuti semua kalangan

Liga Raja terbilang sangat terbuka untuk siapapun untuk bermain di salah satu dari 12 tim kontestan. Tidak ada syarat harus atlet atau mantan pemain sepakbola untuk bergabung di Kings League.

BACA JUGA:  Cesc Fabregas Bakal Dilatih Legenda Timnas di Como 1907

Caranya adalah dengan mendaftar di website resminya. Kemudian jika lolos secara fisik dan kemampuan bermain bola maka pendaftar akan masuk sesi draft pemain untuk menentukan klub mana yang bakal merekrutnya. 

Respon positif dari penggemar dan membuat Queens League 

Meskipun belum ada satu tahu bergulir, Kings League ternyata mampu menyita perhatian publik sepakbola khususnya di Spanyol. Selain faktor Pique, liga ini juga disiarkan secara gratis di platform streaming Twitch. 

Dilansir dari Daily Mail, total penonton Kings League sejauh ini sudah mencapai 800.000 orang.  Karena terbilang sukses, Pique pada bulan Mei mendatang membuat Queen League atau Kings League versi cewek.

 

 

 

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara