Mengapa Kick-off Beberapa Pertandingan Liga Inggris Digelar Malam Hari?

Kick-off malam Liga Inggris
Kick-off malam Liga Inggris (mrt.com)

Kick-off beberapa pertandingan Liga Inggris musim 2022/2023 bakal digelar malam hari. Padahal Liga Inggris terbilang tidak terbiasa menggelar pertandingan malam hari. Contoh terbaru adalah laga Everton vs Manchester United di pekan ke-9 yang digelar pada pukul 7 Minggu malam. Jam malam ini juga bakal diterapkan di laga pekan ke-12 antara Liverpool dan Leeds United (29/10) pukul 19:45 waktu Inggris.

Lantas kenapa pihak Liga Inggris menerapkan regulasi kick-off malam hari di beberapa pertandingan?

Waktu kick-off standar Liga Inggris

Pihak Liga Inggris dalam beberapa musim terakhir biasanya memulai pertandingan pada waktu siang hingga sore hari. Pertandingan cenderung berlangsung pada pukul 12:30, 15:00 dan 17:30 pada hari Sabtu. Kemudian hari Minggu pihal EPL memulai laga pada pukul 14:00 dan 16:00. Dan khusus untuk non-weekend (Senin dan Jumat) dimulai pukul 20:00.

Dua pemegang hak siar Liga Inggris, BT Sport dan Sky Sport saling berbagi slot waktu untuk penayangan. Misalnya BT Sport biasanya menyiarkan pertandingan Sabtu pukul 12:30, maka Sky Sport akan menayangkan di slot jam yang lainnya. Kecuali pada Sabtu pukul 15:00 keduanya tidak diperbolehkan menayangkan Liga Inggris di Inggris karena ada aturan English football blackout law atau pemadaman pertandingan sepakbola.

Apa alasan di balik waktu kick-off malam hari?

Pertama, pembagian jadwal penayangan pemegang hak siar dan pertimbangan recovery pemain.

Di laga Everton vs United, pihak BT Sport telah memilih menayangkan pertandingan ini pada slot Minggu pukul 7 malam. Penyebabnya adalah anak asuh Erik ten Hag baru saja menjalani laga penyisihan Liga Europa pada hari Kamis.

Usut punya usut,  BT Sport dan Sky Sport selaku pemegang hak siar per musim ini ternyata lebih berkomitmen memprioritaskan klub-klub yang bermain di mid-week (Selasa-Jumat) di UCL, UEL, dan Conference League untuk bermain di Minggu pukul 7 malam. Agar para pemain dan tim secara keseluruhan punya masa istirahat yang cukup.

BACA JUGA:  Analisis Pertandingan Leicester City 1-1 Manchester United: Kompaksi-Pressing yang Saling Menyulitkan

Kedua, jam kick-off 12.30 (siang)  mendapat banyak kritikan.

Slot 12:30 telah mendapat kritik dari para pemain, manajer dan pakar, terutama sehubungan dengan tim yang bermain di Eropa.

Manajer Liverpool, Juergen Klopp, bahkan berbicara blak-blakan tentang masalah ini. Karena pada bulan April 2022, Liverpool memainkan semifinal Liga Champions melawan Villarreal pada hari Rabu dan pertandingan Liga Premier melawan Newcastle United pada hari Sabtu pukul 12:30, otomatis jeda waktu antara pertandingan satu ke pertandingan berikutnya kurang dari 2 hari.

Dilansir dari The Athletic, Klopp mengatakan bahwa kegagalan timnya meraih quadruple atau empat gelar musim lalu ya salah satunya karena pengaturan jadwal tanding yang tidak masuk akal. Karena dalam kurun waktu 63 jam, ia harus bermain di dua pertandingan dan harus bermain di jam makan siang.

Ketiga faktor perubahan iklim. Beberapa tahun terakhir terutama saat musim panas suhu rata-rata di Inggris bisa mencapai 34 derajat di siang hari. Bahkan di periode bulan Agustus pihak Premier League memberlakukan water break pada laga yang berlangsung di siang hari.

Hal itu membuat pemain sangat cepat mengalami dehidrasi, kelelahan dan rentan cedera. Bermain di siang hari dengan suhu ekstrim akan membuat lapangan sedikit mengeras dan mengering sehingga mengganggu permainan tim.

Akankah kebijakan ini bakal berlangsung lama?

Kebijakan ini tidak berlangsung lama karena hanya sampai menjelang Piala Dunia bergulir pertengahan November mendatang. Selain Liverpool dan Manchester United kedepan Arsenal juga akan merasakan kick-off malam.

BACA JUGA:  Ketika Waktu Memburu Manchester United

Yaitu ketika bertandang ke Wolverhampton Wanderers (13/11) pukul 19:45. Hal itu dikarenakan pada tanggal (9/10)Tim London utara memainkan pertandingan putaran ketiga Piala Carabao melawan Brighton & Hove Albion.

Apakah kebijakan ini pernah terjadi sebelumnya?

Pernah musim lalu, ketika Liverpool menjamu Tottenham Hotspur pada pukul 19:45 pada Sabtu, 7 Mei 2022, yang disiarkan oleh BT Sport di Inggris. Karena, masih ada kemungkinan Liverpool akan memainkan semifinal Liga Champions pada hari Rabu sebelumnya.

Hal serupa juga terjadi saat  pandemi COVID-19 musim 2019/2020, saat itu penggemar tidak diizinkan berada di stadion dan setiap pertandingan ditayangkan di slotnya masing-masing. Sehingga pertandingan sering dimulai pada pukul 19:45 pada hari Sabtu dan pukul 7 malam pada hari Minggu.

Sumber : (The Athletic, Fandom.id, dan Goal.com)

 

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara