5 Pemain Jepang yang Tampil Gemilang Selama Piala Dunia 2022

Pemain Timnas Jepang (kyodonews.com)
Pemain Timnas Jepang (kyodonews.com)

Jepang mampu menunjukan penampilan sensasional di Piala Dunia 2022 walaupun berada di grup neraka. Tak tanggung-tanggung mereka berhasil memuncaki Grup E dan berhasil mencundangi Jerman dan Spanyol. Bahkan di babak 16 besar mereka juga berhasil memaksa Kroasia bermain hingga babak adu penalti.

Selain taktik jitu dari Hajime Moriyasu, spartanitas yang ditunjukan para pemain juga patut kita acungi jempol. Di antaranya 26 pemain Jepang yang dibawa ke Qatar, ada beberapa pemain yang menurut kami mampu menampilkan permainan yang memukau. 

Berikut adalah 5 pemain terbaik Jepang di Piala Dunia 2022 versi kami:

1. Ritsu Doan

https://twitter.com/StatmanDave/status/1598410672127238144?s=20&t=QpoAz2F8SBDxtPRPyc8S7w

Pemain FC Freiburg ini memang hanya 2 kali bermain sebagai starter. Tapi impact yang ia berikan ketika ia ada di lapangan sangat besar bagi Jepang terutama di sektor penyerangan. Pemain berusia 24 tahun itu menjadi top skor dengan 2 golnya dan berdasarkan data Fbref, ia menjadi pemain dengan rerata shot on target terbanyak 1,20/90 menit bagi Tim Samurai Biru.

Ritsu Doan juga menjadi pemain terbanyak kedua yang melakukan sentuhan di area pertahanan lawan sebanyak 45 kali. Selain menyerang ia juga rajin membantu pertahanan, tercatat sudah 9 kali tekel-intersep yang sudah ia lakukan (terbanyak ke-4).

2. Maya Yoshida

Bersama sang kiper, Shuichi Gonda, Maya Yoshida menjadi pemain yang bermain penuh di empat laga yang dijalani Jepang. Kapten Tim Samurai Biru ini menjadi jenderal lini belakang yang tampil solid sepanjang turnamen Piala Dunia 2022.

Pemain FC Schalke 04 ini menjadi pemain dengan jumlah passing, sentuhan, clearance terbanyak di skuad Samurai Biru. Keunggulan pemain berusia 34 tahun itu adalah ketenangan, duel bola-bola atas dan akurasi tekelnya yang mencapai 100%.

BACA JUGA:  Juventus Women Membidik Italia dan Eropa

3. Shuichi Gonda

Jika gawang Jepang tidak dijaga seorang Shuichi Gonda mungkin Jepang sudah kemasukan lebih dari 4 gol. Kiper Shimizu S-Pulse itu menjadi tembok kokoh bagi tim Samurai Biru yang amat sulit untuk dibobol lawan.

Kiper berusia 33 tahun tersebut berdasarkan data dari Squawka menjadi kiper dengan save terbanyak ketiga di bawah Szczesny (Polandia) dan Vanja Milinkovic-Savic (Serbia) dengan 15 kali penyelamatan. 

4. Wataru Endo

Endo memang belum mencetak gol maupun asis, tapi pengaruhnya di lini tengah Jepang sebagai gelandang box-to-box sangat besar. Pemain Vfb Stuttgart ini menjadi pemain dengan daya jelajah tertinggi bagi Jepang. Pemain berusia 29 tahun tersebut juga menjadi yang paling banyak terlibat serangan Jepang dengan angka SCA (shot creating-actions) 10.

Kemudian ia juga menjadi pemain terbanyak kedua di tim yang melakukan tembakan (6), passing (193), dan sentuhan (239) bagi Tim Samurai Biru. Aspek defense Endo juga memukau ia telah melakukan 8 blok, 10 tekel-intersep dan 8 sapuan.

5. Takuma Asano

https://twitter.com/VfLBochum1848EN/status/1599834533364649987?s=20&t=QpoAz2F8SBDxtPRPyc8S7w

Takuma Asano selalu menjadi kartu truf Hajime Moriyasu ketika tim tengah buntu. Kecepatan , agresivitas dan kemampuan mencari ruangnya sangat dibutuhkan untuk membongkar pertahan tim-tim kuat seperti Spanyol dan Jerman.

Pemain VfL Bochum ini meskipun hanya dimainkan sebagai supersub, ia sudah mencetak 1 gol dan menjadi pemain terbanyak melakukan tembakan (8) dan menyentuh bola di area penalti lawan (9). Dan ketika pemain berusia 28 tahun ini berada di lapangan, angka xG Jepang naik 0,24.

BACA JUGA:  Tak Ada Cela untuk Jiwa Besar Syauqi!

Selain nama-nama di atas, sebetulnya juga ada Daichi Kamada, Ko Itakura, dan Junya Ito yang punya pengaruh besar bagi gemilangnya permainan Jepang. Menurutmu siapa lagi pemain yang menyita perhatian di Piala Dunia kali ini?

 

Komentar
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara