Kanada Tidak Dapat Jersey Baru di Piala Dunia 2022, Apa Sebabnya?

Jersey Kanada
Jersey Kanada (sportingnews.com)

Disaat negara-negara lain tengah memamerkan jersey terbarunya untuk ajang Piala Dunia 2022 Qatar, Kanada justru harus menelan pil pahit bahwa mereka tidak bisa mengenakan jersey anyar pada turnamen sepakbola paling bergengsi di dunia itu. Tim berjuluk, The Canucks Les Rouges itu harus terpaksa menggunakan jersey lamanya yang sudah mereka pakai sejak tahun 2021 silam.

Padahal Piala Dunia 2022 adalah ajang yang spesial karena sudah dinanti-nantikan warga Kanada sejak tahun 1986. Lantas mengapa hal ini bisa terjadi?

Kanada tidak diprediksi lolos Piala Dunia

Dilansir dari The Athletic, tidak diprediksinya Kanada lolos ke Piala Dunia 2022 dikabarkan menjadi salah satu sebab kenapa Alphonso Davies dkk tidak bisa mendapatkan jersey baru. Mengingat sejak tanda tangan kontrak dengan Nike pada tahun 2018 silam, Timnas Kanada hanya berada di ranking ke-78 FIFA, hanya dua tempat di atas Curacao dan menjadi tim yang hanya ada di peringkat ke-8 di CONCACAF sehingga harus melalui fase kualifikasi yang terbilang panjang. Namun apa yang diprediksi Nike dan pengamat sepakbola salah, Kanada justru mampu tampil konsisten selama kualifikasi dan lolos ke Piala Dunia 2022.

Waktu pembuatan jersey yang tidak sebentar

Berdasarkan keterangan dari pihak Nike, mereka mengatakan untuk membuat sebuah jersey baru terkhusus Piala Dunia memerlukan waktu 18 bulan. Sehingga paling tidak para tim yang menggunakan jersey Nike harus melakukan proses perancangan kit sejak Maret 2021. Akan tetapi di bulan tersebut Timnas Kanada masih menjalani kualifikasi Piala Dunia zona CONCACAF sehingga belum sempat melakukan perancangan jersey baru.

Setelah dipastikan tidak mendapatkan jersey baru untuk Piala Dunia 2022, ternyata memantik kekecewaan berbagai pihak baik itu pemain maupun penggemar Timnas Kanada.

“Saya hanya merasa setiap tim harus mendapatkan seragam baru untuk Piala Dunia karena ini adalah acara simbolis. Saya tidak membencinya, tetapi saya ingin mendapatkan seragam baru, karena itu adalah sesuatu yang harus dihargai.” ungkap Sam Aboge kepada The Athletic.

“Sementara itu pemain bintang Kanada, Jonathon David terlihat menutupi logo Nike sebagai aksi protes saat merayakan golnya dalam pertandingan melawan Qatar akhir pekan lalu.

 Penggemar The Canucks Les Rouges pun mengungkapkan hal senada.  Mereka menganggap momen Piala Dunia adalah momen penting dan bersejarah sudah sepatutnya timnas mereka mendapatkan jersey baru apalagi ini merupakan keikutsertaan yang sudah dinantikan selama 36 tahun.

Komentar
BACA JUGA:  Hoki Belgia
Medioker yang bisa diandalkan. Kadang dukung Manchester United kadang dukung AC Milan. Bisa kalian sapa di twitter @CandraBantara